Janji Benahi Jiwasraya, Menteri Rini Minta Nasabah Tidak Khawatir

Selasa, 9 April 2019 19:14 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Janji Benahi Jiwasraya, Menteri Rini Minta Nasabah Tidak Khawatir Menteri Rini di Palembang. Dwi Aditya ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri BUMN, Rini Soemarno mengingatkan nasabah Jiwasraya untuk tidak khawatir dengan pembayaran polis yang tengah bermasalah. Seperti diketahui, Jiwasraya saat ini sedang terlilit kasus gagal bayar JS Saving Plan yang sudah jatuh tempo.

Menteri Rini saat ini sedang melakukan restrukturisasi dan penguatan perusahaan tersebut. "Nah yang kita lakukan sekarang perbaikan, penguatan. Misal nasabah khawatir saya bilang gak perlu khawatir, BUMN akan selamanya menjaga," kata dia saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Rini menegaskan, hal tersebut juga merupakan mandat dari Presiden Joko Widodo ( Jokowi). Sebab persoalan yang menimpa Jiwasraya adalah persoalan yang sudah cukup lama.

"Jiwasraya itu justru persoalan lama, kita mau lakukan sekarang perbaikan total. Saya punya tanggung jawab dan diingatkan pak presiden, "Bu Rini, BUMN harus bisa sehat harus bisa dikelola dengan profesional, ada masalah harus dihadapi," ungkap Rini menirukan pernyataan Jokowi.

"Nah Jiwasraya ini masalahnya dari 2007 - 2008 numpuk terus sekarang kita mau perbaikan," dia menambahkan.

Selain Jiwasraya, Menteri Rini juga akan terus melakukan perbaikan pada BUMN lainnya yang tengah bermasalah, agar kasus yang menimpa Merpati tidak terulang pada perusahaan plat merah lainnya.

"Sekarang dengan presiden Joko Widodo kita jaga terus biar sehat. Kita gak mau ada kejadian Merpati terulang lagi," tutupnya.

Perlu diketahui, Kementerian BUMN juga tengah mengoptimalkan kinerja Jiwasraya melalui program sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Jiwasraya dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Selain bakal mengelola dana pensiun, upaya sinergi BUMN ini juga akan menyasar pengembangan produk-produk asuransi tradisional Jiwasraya mulai dari asuransi kesehatan, asuransi perjalanan (travel assurance) dan asuransi jiwa, hingga unitlink.

Manajemen Jiwasraya juga tengah melakukan sejumlah langkah strategis dalam rangka meningkatkan pendapatan dan memenuhi kewajiban pemegang polis Jiwasraya.

Di antaranya dengan menerbitkan produk-produk asuransi yang bersifat mikro dan kekinian dengan memanfaatkan digital platform, efisiensi beban operasional, meningkatkan pemanfaatan aset tidak produktif, hingga pada membenahi portofolio investasi sehingga tidak lagi mengalami ketidakcocokan yang mengakibatkan penundaan pembayaran polis. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini