Ini alasan Pemerintah Jokowi tak naikkan tarif listrik hingga 2019

Senin, 26 Februari 2018 21:14 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ini alasan Pemerintah Jokowi tak naikkan tarif listrik hingga 2019 Luhut Panjaitan. Yayuk ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan Pemerintah Jokowi berusaha tidak akan menaikkan tarif listrik hingga 2019. Hal tersebut, kata dia, dilakukan untuk menjaga agar tarif listrik tetap terjangkau oleh masyarakat.

"Kalau untuk rakyat kecil Presiden atau Pemerintah komit tidak akan lakukan perubahan-perubahan," ujar Menko Luhut saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (26/2).

Dia pun menegaskan tanpa kenaikan tarif listrik tidak akan menimbulkan permasalahan bagi negara, salah satunya kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN). "Tidak ada masalah. Kan untuk rakyat kecil yang tidak dinaikkan. Tidak masalah," kata dia.

Meskipun demikian, dia tidak memberikan banyak komentar terkait permintaan PLN agar pemerintah menaikkan subsidi listrik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Saya tidak tahu, mestinya ada (kenaikan subsidi)," tutup Menko Luhut.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Mantan menteri perhubungan ini mengatakan, upaya menjaga agar tarif listrik tak naik merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo. "Presiden minggu lalu bilang agar pemerintah harus menjaga tarif listrik, jangan sampai naik hingga akhir 2019," ungkapnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini