Hilirisasi Tambang Mineral Topang Pertumbuhan Ekonomi di Masa Pandemi

Selasa, 15 September 2020 19:33 Reporter : Anisyah Al Faqir
Hilirisasi Tambang Mineral Topang Pertumbuhan Ekonomi di Masa Pandemi tambang. shutterstock

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sektor hilirisasi mineral berkontribusi dalam menopang perekonomian Indonesia selama pandemi. Sektor ini diyakini akan terus berkontribusi hingga pandemi berlalu. Sebab, sektor hilirisasi tidak terdampak terlalu dalam.

Ekspor produk turunan yang dihasilkan dari pabrik pengolahan semakin menunjukkan dampak positif. Hilirisasi nikel akan dikembangkan sampai menghasilkan baterai lithium dan motor listrik.

Luhut menargetkan tahun 2024 nanti, Indonesia sudah bisa memproduksi lithium baterai tipe 811 yang merupakan jenis baterai dengan teknologi terkini di masanya nanti.

"Di tahun 2024 kita harap sudah produksi lithium battery tipe terbaru yaitu 811, dan ada recycling program juga untuk baterai itu," kata Luhut dalam Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta, Selasa (15/9).

Luhut menuturkan saat ini banyak investor lebih tertarik dengan industri hijau. Dalam hal ini Indonesia bisa jadi pemain penting dalam peta produksi industri mobil listrik dunia. Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia dalam Paris Agreement 2030.

"Ini juga termasuk komitmen Indonesia untuk mencapai Paris Agreement pada 2030. Nantinya di Eropa juga tidak akan membolehkan lagi combustion car," kata Luhut.

Luhut mencontohkan selama periode 2014-2019, ekspor besi dan baja di luar kendaraan telah meningkat dari angka USD 1,1 miliar menjadi USD 7,4 miliar. Pengolahan bijih nikel ke stainless steel slab juga memberikan nilai tambah secara signifikan. Dari USD 612 juta menjadi USD 6,24 miliar. Meningkat hingga 10 kali lipat.

Baca Selanjutnya: Hilirisasi untuk Nilai Tambah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini