Harga Beras Mahal, Mendag Minta Bulog Segera Keluarkan Stok Tanpa Perantara

Kamis, 2 Februari 2023 15:42 Reporter : Sulaeman
Harga Beras Mahal, Mendag Minta Bulog Segera Keluarkan Stok Tanpa Perantara beras bulog. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk segera melepas stok beras ke pasar tanpa perantara. Hal ini untuk menekan harga jual beras yang terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir.

"Ini kan tugasnya Bulog agar segera melepas stoknya sampai ke pasar," kata Mendag Zulkifli di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (2/2).

Mendag Zulkifli menyampaikan, skema penjualan beras tanpa perantara oleh Perum Bulog akan efektif menekan harga jual beras di pasaran. Yakni, maksimal Rp9.450 per kilogram (kg) sampai di tangan pedagang.

"Karena kalau pakai perantara lagi, nanti perantaranya bukan Bulog, harusnya di pasar paling mahal Rp9.450 (kg)," jelas Mendag Zulkifli.

Mendag Zulkifli melanjutkan, sebanyak 300 ribu ton beras impor akan masuk Indonesia di bulan Februari ini. Kedatangan beras ini bagian dari penugasan impor Bulog tahun 2022 sebanyak 500.000 ton.

"Beras Bulog (impor) ini bagus, kalau dibeli pelaku besar lagi kan nanti dijualnya mahal lagi," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Jokowi Catat Harga Beras Naik di 79 Daerah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, ada 79 daerah yang mengalami kenaikan harga beras. Dia pun telah meminta Badan Usaha Perum Badan Logistik (Bulog) untuk menyelesaikan masalah kenaikan harga beras.

"2 hari lalu saya peringatkan Bulog untuk masalah ini karena di lapangan 79 daerah ini kenaikannya tidak sedikit," kata Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1).

Jokowi meminta kenaikan harga beras menjadi perhatian penting. Pemerintah dan para pemangku kepentingan harus bekerja sampai ke hal-hal yang detail untuk mengendalikan inflasi di daerah.

"Hati-hati dengan yang namanya kenaikan harga besar. Kita memang harus kerja detail dan melihat langsung apa saja harga yang naik," kata dia. [idr]

Baca juga:
Harga Beras Naik, Dirut Bulog: Ada Oknum Kuasai dan Jual saat Harga Mahal
Redam Gejolak Harga, Jokowi Minta Bulog Guyur Beras ke Pasar
Stabilkan Harga, Bulog Bali Salurkan 19 Ribu Liter Minyak Goreng ke Pengecer
Stok Beras di Jakarta Menipis
Dipanggil Jokowi ke Istana, Dirut Bulog Diminta Atasi Kenaikan Harga Beras

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini