Hadapi Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun

Senin, 16 Desember 2019 12:24 Reporter : Dwi Aditya Putra
Hadapi Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT Bank Mandiri (Persero) menyiapkan dana tunai sebesar Rp33,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Dana yang disiapkan selama periode 25 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal.

"Dalam menghadapi libur Nataru Bank Mandiri siapkan dana tunai Rp33,5 triliun. Rata-rata Rp1,1 triliun per hari" ujar Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi di Kantornya, Jakarta, (16/12).

Dari besaran tersebut, Bank Mandiri mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM. Sedangkan 15 persen untuk kebutuhan di kantor-kantor cabang. "Antisipasi ini dapat membantu masyarakat merayakan Hari Raya Natal dengan kedamaian dan menikmati suasana pergantian tahun dengan penuh sukacita," katanya.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah. Sementara untuk mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, pihaknya juga akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM sampai dengan 31 Desember 2019.

"Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Hery.

1 dari 1 halaman

Siapkan Jaringan Elektronik

elektronik rev1

Di samping jaringan ATM, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.

"Khusus pada libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2019, kami juga akan mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina. Rinciannya, 128 cabang pada tanggal 24 Desember dan 78 cabang pada tanggal 25 Desember," kata Hery.

Sedangkan pada musim libur Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan perincian, 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020. [idr]

Baca juga:
Bank Mandiri Perketat Syarat Pembiayaan di Sektor Pertambangan dan Energi
Ekonomi Global Melambat, Bank Mandiri Turunkan Target Pertumbuhan Kredit di 2020
Mandiri Berencana Akuisisi Bank di 3 Negara Asia Tenggara
Jadi Bos Baru Bank Mandiri, Ini Rencana Kerja Royke Tumilaar
Jadi Dirut Baru Bank Mandiri, Royke Fokus Perampingan Birokrasi dan Anak Usaha

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini