Guyuran 'bantuan' pemerintah Jokowi hingga 2019, mulai harga BBM hingga dana PKH

Selasa, 6 Maret 2018 08:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Guyuran 'bantuan' pemerintah Jokowi hingga 2019, mulai harga BBM hingga dana PKH Jokowi dan petani. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sejumlah bantuan pada masyarakat hingga 2019. Bantuan ini mulai dari penambahan dana program keluarga harapan hingga tak ada kenaikan tarif listrik dan harga bahan bakar minyak (BBM).

Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat sidang kabinet paripurna kemarin, meminta agar persiapan penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) segera dirampungkan pada awal Maret ini. Presiden Jokowi juga berencana melipatgandakan dana bantuan yang saat ini sekitar Rp 1,8 juta.

"Saya minta yang bulan depan, Rupiah (re:bantuan) diberikan peserta PKH agar bisa paling tidak dilipat dua kali," kata Presiden Jokowi.

Dia meminta nantinya 20 persen pengeluaran penerima bantuan dapat ditutup dengan dana PKH. Di mana, sebelumnya nominal PKH baru menutup 10 persen pengeluaran rumah tangga penerima manfaat.

Pemerintah juga akan memberikan uji kendaraan berkala (KIR) gratis untuk taksi daring dan konvensional mulai Selasa (6/3). Sebagai pembuka, Kementerian Perhubungan akan melakukan uji KIR gratis di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten.

"Besok saya akan memberikan KIR gratis yang berlaku di seluruh Indonesia," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Fasilitas uji KIR gratis nantinya akan diterapkan di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Pemberian fasilitas uji KIR gratis akan melengkapi program pembuatan SIM A Umum bersubsidi yang dilakukan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Untuk dua program ini, pemerintah menyiapkan dana subsidi sekitar Rp 10 miliar sampai Rp 15 miliar.

Apa lagi kebijakan uluran tangan pemerintah ke depan? Silakan membaca di halaman selanjutnya. [bim] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini