Guru Honorer Sekolah Negeri Minta Diprioritaskan dalam Seleksi PPPK

Kamis, 20 Januari 2022 17:46 Reporter : Anisyah Al Faqir
Guru Honorer Sekolah Negeri Minta Diprioritaskan dalam Seleksi PPPK Guru. ©2012 Merdeka.com/sdnpuspiptek.wordpress.com

Merdeka.com - Ketua Forum Honorer Sekolah Negeri (FHSN) Gunungkidul, Aris Wijayanto menyampaikan aspirasinya kepada Komisi X DPR RI terkait seleksi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru tahun 2022. Aris meminta agar badan legislatif bisa membantunya dan meminta pemerintah mengkaji ulang beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

Alasannya, beberapa ketentuan yang dibuat pemerintah dianggap merugikan bagi tenaga honorer yang telah lama mengabdi kepada negara. Salah satunya meminta agar guru honorer di sekolah negeri diprioritaskan dalam seleksi PPPK Guru.

"Kami meminta dalam seleksi PPPK Guru ini memprioritaskan guru honorer di sekolah negeri untuk menyelesaikan permasalahan honorer," kata Aris dalam RDPU di Komisi X DPR-RI, Jakarta, Kamis (20/1).

Aris menjelaskan, seleksi tahap 3 menjadi tantangan yang luar biasa bagi para guru honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun. Sebab para honorer harus bersaing dengan guru honorer swasta.

"Seleksi tahap 3 ini seperti tarung bebas. Ini sangat meresahkan buat teman-teman kami karen peluang kami lolos semakin kecil. Makanya kami minta tolong diperjuangkan," ungkap Aris.

2 dari 2 halaman

Sertifikasi

Mereka juga harus berjuang dengan guru baru yang telah memiliki sertifikasi. Tetapi belum memiliki pengalaman mengajar atau fresh graduate.

"Untuk fresh graduate sebaiknya diberikan formasi CPNS," katanya.

Aris juga meminta agar guru sekolah negeri yang sudah lolos seleksi tahap 1 dan 2 tetapi belum mendapatkan formasi diusulkan tidak perlu ikut tes lagi. Sebaliknya tinggal menunggu penempatan sesuai formasi yang diajukan pemerintah daerah.

Baca juga:
Guru Honorer Resah Pemerintah akan Hilangkan Status Tenaga Honorer Mulai 2023
Pemerintah Hapus Tenaga Kerja Honorer Mulai 2023, Ada Pekerjaan Diganti Outsourcing
CEK FAKTA: Waspada Surat Palsu Pengangkatan Guru Honorer Tahun 2022
Waspada, Beredar Surat Palsu Pengangkatan Guru Honorer Jadi Pegawai PPPK
Profesi Pria ini Tak Terduga, Bikin Cewek Terpesona Hingga Disebut Idaman dan Langka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini