Genjot Ekspor, Wamendag Dorong Pengusaha Optimalkan Dua Perjanjian Dagang Anyar

Kamis, 16 Juli 2020 20:21 Reporter : Dwi Aditya Putra
Genjot Ekspor, Wamendag Dorong Pengusaha Optimalkan Dua Perjanjian Dagang Anyar Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. ©2020 Merdeka.com/Sulaeman

Merdeka.com - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, mengatakan Indonesia baru saja menyelesaikan dua perjanjian perdagangan yang penting yaitu IA-CEPA dengan Australia dan AKHFTA dengan ASEAN-Hong Kong. Keduanya berlaku sejak awal Juli 2020.

Jerry mendorong agar kedua perjanjian perdagangan itu dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku usaha.

"Jadi perjanjian ini sebenarnya merupakan perjanjian yang lebih luas daripada sekadar soal perdagangan barang dan jasa. Ada peluang investasi juga di situ. Misalnya dalam AHKFTA di situ ada klausul yang memungkinkan pengusaha Indonesia untuk berinvestasi di Hong Kong dengan kepemilikan hingga 100 persen untuk sektor konstruksi. Nah peluang-peluang seperti itu yang harus dioptimalkan oleh para pelaku usaha kita," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (16/7).

Selain dua perjanjian itu, dia yakin pasar Afrika dan Timur Tengah akan makin terbuka. Kedua wilayah ini merupakan target ekspansi perluasan pasar ekspor. Berbagai upaya terus dilakukan lewat atase perdagangan dan diplomat ekonomi.

"Promosi ekspor, business matching dan upaya-upaya pembukaan pasar lainnya terus-menerus dilakukan oleh para atase perdagangan maupun Lepala ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) di berbagai negara meskipun ada keterbatasan akibat wabah," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Surplus Neraca Perdagangan Perlu Dipertahankan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini