Dolar Melemah Terhadap Semua Mata Uang

Jumat, 23 November 2018 15:48 Reporter : Merdeka
Dolar Melemah Terhadap Semua Mata Uang dolar AS. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan hari ini, Jumat (23/11). Rupiah bergerak di kisaran Rp 14.585 per USD hingga Rp 14.565 per USD.

Mengutip Bloomberg, Rupiah dibuka di angka Rp 14.540 per USD, menguat dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka Rp 14.580 per USD.

Sejak pagi hingga siang hari ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp 15.540 per USD hingga RP 14.556 per USD. Jika dihitung dari awal tahun, Rupiah melemah 7,36 persen.

Sedangan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Rupiah dipatok Rp 14.552 per USD, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 14.592 per USD.

"Rupiah yang bergerak naik dengan memanfaatkan kondisi yang ada, dapat melawan perkiraan pelemahan sebelumnya," jelas Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada.

Dia menilai peluang kenaikan rupiah kembali terbuka apalagi dengan kembali pelemahan kurs USD.

Selain itu, sentimen dari dalam negeri diharapkan bisa kembali positif untuk menahan pelemahan rupiah. "Salah satunya ialah optimisme pemerintah terkait pengelolaan anggaran yang akan dijaga dan berakhir dengan kinerja yang cukup baik," ujar Reza dikutip dari Antara.

Dia memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran 14.585 per dolar AS sampai dengan 14.565 per USD.

Kepala Riset Valbury Sekuritas, Alfiansyah, juga menyebutkan bahwa nilai tukar rupiah kembali menguat akibat dolar AS yang melemah terhadap hampir semua mata uang.

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini