Dibuka Menperin Airlangga, IIMS 2019 Ditargetkan Raup Transaksi Rp 4 Triliun

Kamis, 25 April 2019 12:01 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Dibuka Menperin Airlangga, IIMS 2019 Ditargetkan Raup Transaksi Rp 4 Triliun Pembukaan IIMS 2019. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara resmi membuka pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Pameran yang berlangsung sampai 5 Mei ini mengusung tema Your Infinite Automotive Experience.

Dalam sambutannya, Airlangga menyebutkan pameran ini tidak hanya sekadar pameran otomotif berskala internasional, melainkan medium yang tepat bagi ekosistem industri otomotif di Indonesia.

"Untuk melakukan edukasi kepada pengunjung, memacu kegiatan bisnis bersama para stakeholder, serta sarana rekreasi bagi keluarga," kata dia, Kamis (25/4).

Dia mengungkapkan, kinerja industri otomotif di tanah air saat ini cukup menggembirakan. Di tahun 2018, industri tersebut menunjukan capaian-capaian yang cukup positif.

"Di antaranya produksi kendaraan roda 4 atau lebih tahun 2018 mencapai 1,34 juta unit atau setara USD 13,76 miliar, dengan ekspor sebesar 346 ribu unit atau setara USD 4,78 miliar di tahun yang sama," ujarnya.

Dalam kesempatan serupa, Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Lilik Utama mengatakan gelaran tahun ini memiliko target 500 ribu kunjungan. "Optimis di atas 500 ribu kunjungan dengan total transaksi Rp 4 Triliun," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pameran yang berlangsung selama 10 hari berturut-turut ini diikuti oleh 36 merk kendaraan roda 2 maupun roda 4. "Didukung perusahaan lokal maupun internasional," tutupnya.

IIMS 2019 ini dihadiri berbagai merek roda empat dan roda dua. Hadir di Hall D1 JIExpo, Kemayoran, brand premium roda empat yang turut memeriahkan IIMS antara lain Audi, BMW, Jeep, Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen.

Sejumlah exhibitor lain kendaraan roda empat yang telah menyatakan keikutsertaannya yakni Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Untuk kendaraan roda dua, acara IIMS akan dimeriahkan 17 merek, yakni Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, dan Vespa.

Dalam pagelaran tahun ini, IIMS 2019 juga menampilkan beberapa produk lokal seperti FIN Komodo sebagai kendaraan multi kondisi yang sesuai dengan iklim dan kondisi kita. Selain itu kehadiran Gesits sebagai motor listrik. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini