Di Rapat Panja Komisi VI, Erick Thohir Sampaikan Langkah Penyelamatan Jiwasraya

Rabu, 29 Januari 2020 15:27 Reporter : Anggun P. Situmorang
Di Rapat Panja Komisi VI, Erick Thohir Sampaikan Langkah Penyelamatan Jiwasraya Menteri BUMN Erick Thohir dan DPR bahas Jiwasraya. ©2020 liputan6.com/Athika Rahma

Merdeka.com - Panitia Kerja (Panja) pengawasan industri asuransi Jiwasraya Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memanggil Menteri BUMN Erick Thohir untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. Rapat dimulai pukul 14.20 WIB tersebut dilaksanakan secara tertutup.

"Rapat Panja ini bisa dibuka karena forum fraksi sudah terpenuhi dengan semangat Panja Komisi VI dan Kementerian BUMN. Keinginan kita untuk segera selesaikan terkait pengembalian pemegang saham atau poli, pemegang saving plan," ujar Aria di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/1).

Aria menjelaskan, rapat ini merupakan agenda prioritas agar masalah Jiwasraya yang sudah menahun bertahun-tahun bisa segera diselesaikan.

"Ini merupakan rangkaian agenda panja Jiwasraya, yang merupakan instrumen komisi VI, untuk memaksimalkan bagaimana kinerja, kewenangan komisi VI berkaitan fungsi pengawasan dengan mitra kerja yaitu Kementerian BUMN," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Langkah Penyelamatan Jiwasraya

jiwasraya rev1

Erick Thohir mengapresiasi rapat digelar tertutup untuk menghindari salah persepsi upaya penyelamatan gagal bayar Jiwasraya. Dia menjelaskan, Kementerian BUMN dan tim Jiwasraya akan berupaya mulai melakukan pembayaran awal polis nasabah di Maret akhir, namun tak menutup kemungkinan bisa dipercepat.

"Dalam hari ini, konteks pembicaraan yang sudah kami rapatkan dari internal mungkin Maret akhir sudah mulai ada pembayaran kalau nanti konsep yang kami paparkan tertutup bisa disetujui," jelasnya.

Dia melanjutkan, permasalahan Jiwasraya bukan permasalahan yang ringan tetapi cukup panjang. Hal ini juga karena manajemen Jiwasraya sebelumnya itu tidak melakukan pengelolaan investasi dengan menggunakan prinsip kehatian-hatian.

"Manajemen Jiwasraya menawarkan produk asuransi yang bunganya tinggi jauh dari yang ada di pasar, ini yang menjadi hal penting ke depan kami perlu adanya safety dari investasi seperti ini, tidak hanya mengejar bunga," kata Erick.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Erick Thohir: Kondisi Jiwasraya Sangat Sakit dan Kesulitan
PKS Resmi Usulkan Pansus Hak Angket Kasus Jiwasraya
Ketua DPR Klaim Pembentukan Panja untuk Eliminasi Politisasi Kasus Jiwasraya
Fraksi Demokrat Perjuangkan Pembentukan Pansus Hak Angket Kasus Jiwasraya
Pengamat: Negara Tak Perlu Keluar Uang Selamatkan Jiwasraya, Termasuk PMN
Helmy Yahya soal Kasus TVRI Mirip Jiwasraya: Itu Perbandingan Sangat Berbeda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini