Di depan Jokowi, Menteri Airlangga pamerkan moncernya prestasi industri otomotif

Kamis, 2 Agustus 2018 17:21 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Di depan Jokowi, Menteri Airlangga pamerkan moncernya prestasi industri otomotif Pembukaan GIIAS 2018. ©Liputan6.com/Fery Pradolo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Di acara tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, melaporkan sejumlah prestasi yang disumbangkan oleh sektor industri otomotif, seperti peningkatan produksi dan penjualan.

"Produksi hingga 2017 naik dari 1,17 juta unit menjadi 1,216 juta unit. Penjualan naik dari 1,062 juta unit menjadi 1,079 juta unit," ungkapnya di Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (2/8).

Ekspor mobil CBU (Completely Built Up) pun mengalami peningkatan menjadi 231.000 unit di 2017 atau naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 192.000 unit. "Dan yang paling mengesankan ekspor dalam bentuk komponen, naik 1.300 persen, dari 6,2 juta unit menjadi 84 juta unit," kata dia.

Ketua Umum Partai Golkar ini pun menyampaikan bahwa otomotif merupakan satu subsektor industri yang menjanjikan dengan pertumbuhan di atas pertumbuhan ekonomi, 6,53 persen. "Kontribusi terhadap PDB sebesar 10,27 persen. Investasi masuk lima besar Rp 3,35 triliun," imbuhnya.

Tak hanya memamerkan kinerja industri otomotif, Menteri Airlangga pun memamerkan kemampuannya dalam berpantun. Di akhir sambutannya, dia menutup dengan pantun yang kurang lebih bermakna harapan bagi kemajuan sektor industri dan kemajuan Indonesia.

"Pameran ini adalah pameran roda empat. Menyongsong revolusi industri empat. Mari bergenggam erat. Demi Indonesia hebat," tandas Menteri Airlangga dan diikuti dengan tepuk tangan peserta pameran. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini