Bisnis Amazon, Twitter Hingga Google Naik Selama Pandemi

Senin, 2 November 2020 07:00 Reporter : Merdeka
Bisnis Amazon, Twitter Hingga Google Naik Selama Pandemi Jeff Bezos. CNBC©2015

Merdeka.com - Perusahaan teknologi raksasa Amazon, Facebook, Apple, dan Google melaporkan angka penjualan dan labanya selama tiga bulan sampai 30 September. Selama pandemi, keempat perusahaan tersebut sama sekali tidak menunjukkan adanya tanda-tanda mengalami perlambatan.

Dilansir laporan BBC, Amazon yang merupakan perusahaan pesan antar barang yang besar menjadi salah satu 'pemenang' dengan pendapatan besar dari pandemi. Penjualan Amazon dilaporkan menanjak hingga USD 96,1 Miliar (Rp 1.421 Ribu Triliun) dalam 3 bulan hingga 30 September, naik 37 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Terlebih, labanya menembus rekor hingga USD 6,3 miliar, yang artinya 3 kali lipat dibanding tahun lalu.

Peningkatan ini didukung dengan perkembangan e-commerce di Amerika Utara. Di daerah tersebut, banyak keluarga yang mengalihkan gaya belanjanya menjadi belanja online. Selain itu, bisnis periklanan dan komputasi data perusahaan juga mendapat keuntungan yang signifikan.

Tentunya, pertumbuhan tidak datang tanpa biaya yang juga dikeluarkan. Amazon menyatakan memiliki USD 2,5 miliar yang dikeluarkan untuk menyesuaikan keadaan dengan pandemi. Reputasi perusahaan juga sempat terpukul karena adanya protes terhadap kondisi kerja perusahaan dan kebijakan lainnya.

Ditilik dari media sosial, lonjakan COVID-19 juga memiliki pengaruh yang sama besarnya. Perusahaan media sosial besar, Facebook, yang juga pemilik Instagram dan WhatsApp melaporkan rata-rata ada 2,5 miliar pengguna harian pada bulan September. Menurut BBC, peningkatan pengguna mencapai 15 persen dari September tahun lalu dan naik 3 persen dari bulan Juni, ketika orang-orang terjebak di rumah dan beralih ke media sosial.

Perusahaan juga mencatat laporan bahwa jumlah pengguna Facebook menurun di AS dan Kanada (dimana kedua negara tersebut merupakan pasar paling menguntungkan) dan menyatakan pada investor bahwa ada kemungkinan tren ini akan berlanjut.

Baca Selanjutnya: Twitter...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini