BI Catat Transaksi E-commerce Naik Hingga Rp 13 T Per Bulan

Sabtu, 2 Maret 2019 11:39 Reporter : Wilfridus Setu Embu
BI Catat Transaksi E-commerce Naik Hingga Rp 13 T Per Bulan Ecommerce. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan sektor ekonomi digital, khususnya e-commerce terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data yang dihimpun BI, diketahui bahwa terjadi peningkatan signifikan pada nilai transaksi e-commerce. Tercatat peningkatan transaksi di platform e-commerce mencapai hingga Rp 13 triliun per bulan.

"Kalau sekarang kita lihat aktivitas sektor real yang sudah lewat digital ekonomi ini kelihatan meningkat," kata dia, saat ditemui di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (3/1).

"Misalnya data transaksi e-commerce yang diperoleh BI, itu menunjukkan peningkatan melalui e-commerce itu paling tidak yang BI capture sekarang setiap bulan itu sekitar Rp 11 triliun sampai Rp 13 triliun per bulan. Kalau setahun kan bisa Rp 140-an triliun," lanjut Mirza.

Mirza mengakui jika dibandingkan dengan total transaksi sektor riil, maka transaksi e-commerce memang belum terlalu besar. Namun, kata dia, pertumbuhan transaksi di platform e-commerce sangat signifikan.

"Memang kalau dibandingkan keseluruhan transaksi sektor ritel tentu masih kecil tapi kalau kita lihat pertumbuhannya, pertumbuhannya itu sudah 100 persen sampai 150 persen yoy. Jadi misalnya Januari over Januari, Desember over Desember," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini