Begini Rencana Pemerintah Hapus Premium & Pertalite, SPBU Hanya Jual Pertamax Cs

Minggu, 26 Desember 2021 13:30 Reporter : Merdeka
Begini Rencana Pemerintah Hapus Premium & Pertalite, SPBU Hanya Jual Pertamax Cs SPBU. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah memastikan akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite secara bertahap. Ini dilakukan untuk mendukung penciptaan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Lalu, kapan hal itu akan dilakukan dan bagaimana tahapannya? Dikutip dari paparan Pertamina dalam rapat kerja bersama DPR, terdapat tiga tahapan yang akan dilakukan Pertamina untuk menghapus secara perlahan penggunaan bensin Premium dan Pertalite.

Strategi penghapusan itu merupakan simplifikasi varian produk dan comply dengan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017 yang mengatur soal baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru untuk kendaraan bermotor roda empat atua lebih.

Dalam beleid itu, pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021. Adapun yang kadar oktannya di bawah 91 atau masuk standar euro 2 saat ini adalah Premium dan Pertalite.

Adapun tahapan penghapusan kedua bensin itu, langkah pertama akan dilakukan pengurangan bensin Premium disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong konsumen menggunakan BBM Ron 90 ke atas.

Kedua, pengurangan bensin Premium dan Pertalite di SPBU disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong menggunakan BBM di atas RON 90 ke atas.

2 dari 2 halaman

SPBU Hanya Jual Pertamax

Dan langkah ketiga, simplifikasi produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Petamax Turbo).

Sementara mengacu data itu pula, konsumsi bensin jenis Premium dan Pertalite dari tahun ke tahun masih mengalami kenaikan. Adapun untuk penggunaan bensin Premium pada tahun 2018 secara nasional mencapai 31,3 persen dari konsumsi BBM secara nasional. Nah, pada tahun 2019 konsumsi naik menjadi 33,3 persen dari penggunaan secara nasional.

Begitu juga dengan penggunaan bensin Pertalite yang masih mengalami peningkatan, dari yang tahun 2018 mencapai 52,4 persen secara nasional meningkat di tahun 2019 menjadi 56,3 persen secara nasional.

Reporter: Arief Rahman Hakim

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Saran DPR agar Penghapusan Premium & Pertalite Tak Timbulkan Gejolak di Masyarakat
Menghitung Pengeluaran Pengemudi Ojek Online Jika BBM Pertalite Dihapus
Pengemudi Ojek Online Tak Setuju BBM Pertalite Dihapus, Ini Alasannya
Pemerintah Diminta Subsidi BBM Jenis Pertamax Jika Premium dan Pertalite Dihapus
Fakta di Balik Penghapusan Premium, Hanya 7 Negara di Dunia yang Masih Gunakan
Jika Pemerintah Beri Perintah, Pertamina Siap Hapus Premium dan Pertalite

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini