Banyak Jalan Tol Baru, Pertamina Minta Tambah Kuota Solar Subsidi di 2020

Kamis, 28 November 2019 19:14 Reporter : Merdeka
Banyak Jalan Tol Baru, Pertamina Minta Tambah Kuota Solar Subsidi di 2020 nicke widyawati. ©2018 twitter.com

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) mengajukan tambahan kuota Solar subsidi yang akan disalurkan pada 2020 menjadi‎ 17 juta Kilo Liter (KL) ke DPR. Tambahan kuota mempertimbangkan pertumbuhan konsumsi akibat bertambahnya pengoperasian jalan tol.

Diretur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 pemerintah dengan DPR telah sepakat menetapkan kuota solar subsidi sebesar 15,3 juta KL, namun berdasarkan perkiraan perusahaan konsumsi solar subsidi 2020 mencapai 17 juta KL.

"kita perkirakan nanti tahun depan prognosanya mencapai 17 juta KL," kata Nicke saat rapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/11).

Atas perkiraan tersebut, Nicke pun meminta Komisi VII DPR untuk mempertimbangkan tambahan alokasi kuota solar subsidi pada 2020.

"Dan ini barangkali kami akan meminta DPR sebagai bahan masukan untuk target tahun depan mengingat di APBN masih 15,3 juta KL," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Konsumsi Solar Meningkat

Menurut Nicke, pertumbuhan konsumsi Solar mengalami peningkatan seiring dengan menggeliatnya kegiatan yang membutuhkan solar subsidi, serta bertambahnya pengoperasian jalan tol di Trans Jawa dan Sumatera. Kondisi ini juga membuat alokasi Solar subsidi yang ditetapkan tahun ini tidak cukup, sehingga membutuhkan tambahan kuota.

"Demikian juga dengan dibukanya jalur tol baik di Jawa maupun di Sumatera ini yang kemudian juga membuat demand meningkat. Kemudian dengan tren demand seperti itu maka kuota 2019 akan habis di akhir November," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Sri Mulyani Masih Mengkaji Usulan Formula Baru Harga Solar
Pemerintah Awasi Kendaraan yang Isi Solar Subsidi Melebihi Kuota
Pertamina Mulai Sediakan Solar Bercampur Minyak Sawit
Pemerintah Putuskan Tambah Kuota Solar Subsidi
Kementerian ESDM Surati Sri Mulyani Ubah Formula Hitung Harga Solar Subsidi

Topik berita Terkait:
  1. Solar
  2. BBM Subsidi
  3. Pertamina
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini