Bank asal Jepang rayu OJK izinkan kuasai 73,8 persen saham Bank Danamon

Rabu, 27 Desember 2017 14:03 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Bank asal Jepang rayu OJK izinkan kuasai 73,8 persen saham Bank Danamon The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG), berencana menjadi pemilik saham mayoritas Bank Danamon dengan mengambil alih 73,8 persen saham bank tersebut.

Chief Executive Officer MUFG untuk wilayah Asia dan Oceania Takayoshi Futae mengakui bahwa keputusan ini masih berbenturan dengan aturan kepemilikan Asing di perusahaan bank di Indonesia yang tidak boleh lebih dari 40 persen. Karena itu, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami telah berkomunikasi panjang dengan OJK terutama terkait dengan regulasi batasan kepemilikan sebesar 40 persen," ungkapnya di Ayana Mid Plaza, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

Meski demikian, dia yakin bahwa rencana investasi tersebut akan disetujui OJK. Mereka berkaca pada pengalaman berhasil membesarkan The Bank of Ayudhya di Thailand setelah mengakuisisi 76 persen sahamnya.

"Kami yakin akan mendapat persetujuan. Namun tentu saja keputusan akan berada pada wewenang OJK. Oleh karena itu akuisisi tahap 3 belum bisa kami tentukan waktunya," imbuhnya.

General Manager, Planning Division for Asia & Oceania, Bank of Mitsubishi Tokyo Yotaro Agari, mengatakan proses akuisisi Bank Danamon akan dilakukan secara bertahap.

"Pada tahap pertama, MUFG akan membeli 19,9 persen saham di Danamon, dengan harga Rp 8.323 (USD 0,61) per saham dan dengan jumlah investasi sebesar Rp 15,875 triliun (USD 1,171 milyar),"

Agari mengatakan, harga tersebut adalah berdasarkan perhitungan 3Q17 P/B dengan nilai 2,0x dengan pemberlakuan beberapa penyesuaian tertentu. AFI akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Danamon pada saat penyelesaian Tahap 1, yang diharapkan akan terjadi dalam beberapa hari kerja.

Untuk tahap kedua, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lainnya untuk membeli tambahan 20,1 persen saham untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40 persen.

"Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara triwulan ke-2 dan triwulan ke-3 2018, dengan bergantung pada didapatnya persetujuan-persetujuan tersebut," kata dia.

Sedangkan tahap ketiga akan dilakukan setelah diselesaikannya tahap kedua, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya baik untuk tetap menjadi pemegang saham atau mendapatkan uang tunai dari MUFG. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Perbankan
  2. Jepang
  3. OJK
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini