Banjir, mentan janji ganti benih petani kena puso

Rabu, 22 Januari 2014 15:55 Reporter : Ardyan Mohamad
Banjir, mentan janji ganti benih petani kena puso tanah puso. shutterstock

Merdeka.com - Beberapa sentra pangan Pulau Jawa mengalami puso akibat cuaca buruk akhir-akhir ini. Kementerian Pertanian mengaku sedang mendata kerugian petani untuk memberikan ganti benih.

Sejauh ini, jumlah lahan yang terendam banjir masih belum diketahui. Paling tidak Karawang, sentra beras Jawa Barat, sudah melaporkan kerusakan lahan cukup besar.

Selain itu, data yang sudah masuk adalah kerusakan lahan hortikultura di kawasan Brastagi, Sumatera Utara, yang terdampak letusan Gunung Sinabung.

"Kita belum dapat data pasti kecuali di Sinabung. Untuk yang lain masih update data," kata Menteri Pertanian Suswono saat ditemui dalam inspeksi di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (22/1).

Pemerintah memastikan sudah ada dana yang memadai buat menjalankan skema ganti rugi buat petani. Mentan menyebut pihaknya memiliki 13.400 ton benih padi sebagai cadangan nasional.

Kerusakan lahan akibat cuaca buruk tahun ini diperkirakan tidak terlalu besar, karena petani baru memulai musim tanam. "Kami punya cadangan benih, jadi bisa digunakan untuk menanam kembali," kata Suswono.

Penyebaran bantuan benih ini dijalankan setelah verifikasi data yang rusak masuk ke Kementerian Pertanian. Mekanisme ganti rugi benih nantinya dijalankan melalui pemerintah daerah masing-masing.

[bim]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Pertanian
  4. Kementan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini