APII: Ada 14 Jadwal Penerbangan Umrah dari Bandara Soekarno-Hatta, 2 Sudah Berangkat

Kamis, 27 Februari 2020 21:25 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
APII: Ada 14 Jadwal Penerbangan Umrah dari Bandara Soekarno-Hatta, 2 Sudah Berangkat Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II terus melakukan koordinasi secara intensif dengan maskapai yang melayani penerbangan menuju Arab Saudi. AP II mencatat, pada hari ini, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat 14 jadwal penerbangan yang mengangkut jemaah umrah. Di mana, sebanyak 2 penerbangan sempat diberangkatkan.

VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengatakan terdapat jemaah umrah yang sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta namun tidak jadi berangkat. AP II bersama maskapai melakukan asistensi kepada jemaah umrah yang sudah terlanjur tiba di bandara namun tidak diberangkatkan.

"Kepada jemaah umrah yang terlanjur tiba di bandara, dilakukan asistensi agar proses kembali pulang ke tempat asal masing-masing dapat berjalan lancar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2).

"Adapun pelayanan dan operasional serta jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan normal," ujar Yado.

PT Angkasa Pura II akan selalu memonitor perkembangan dan memberikan update informasi terkini. PT Angkasa Pura II dan maskapai terkait juga akan melakukan asistensi apabila terdapat jemaah umrah yang terlanjur tiba di bandara-bandara lain yang dikelola perseroan.

"Kepada jemaah umrah yang belum tiba di bandara kami imbau untuk berkoordinasi dengan agen perjalanan guna mempersiapkan segala sesuatunya," ujar Yado.

1 dari 1 halaman

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi akan mengunjungi para calon jemaah umrah yang terkatung-katung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Para jemaah tidak bisa berangkat ke Tanah Suci menyusul kebijakan Arab Saudi melarang ibadah umrah sebagai antisipasi virus corona.

"Saya akan ke Bandara tentu kita akan memberikan ketenangan kepada mereka," cetus Menhub usai menghadiri rapat tingkat menteri membahas langkah Kerajaan Arab Saudi untuk melarang sementara jemaah umrah Indonesia, di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2).

Budi menyebut, sejak pagi sebenarnya pihaknya telah meminta Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta dan para maskapai yang melayani penerbangan ke Arab Saudi untuk menginformasikan secara online kepada para calon jemaah ihwal penghentian tersebut.

"Agar jemaah itu menunda perjalanan ke bandara. Tetapi kan mereka sudah jalan, mereka ke sana saya akan ke bandara untuk bertemu," ungkapnya.

[bim]

Baca juga:
Menhub Berharap 500 Jemaah yang sudah Berangkat ke Arab dapat Izin Umrah
Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda
Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta
Sikap Pemerintah Terkait Saudi Setop Sementara Penerimaan Jemaah Umrah
Amphuri Sarankan Calon Jemaah Menjadwalkan Ulang Perjalanan Umrah
Pemerintah Janji Carikan Solusi Tangkal Kerugian Jemaah Gagal Umrah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini