Andre Rosiade Desak Sri Mulyani Segera Bayarkan Utang Pemerintah Pada BUMN

Selasa, 30 Juni 2020 14:50 Reporter : Merdeka
Andre Rosiade Desak Sri Mulyani Segera Bayarkan Utang Pemerintah Pada BUMN Andre Rosiade. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, menyampaikan kekurangan bayar pemerintah sebesar Rp257 miliar. Sementara, PT Jasa Marga (Persero) menyampaikan nilai utang pemerintah pada pihaknya sebesar Rp5,02 triliun.

Di sela sesi diskusi, salah satu anggota Komisi VI dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade menyinggung Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang dianggap lalai karena tidak kunjung membayarkan utang pemerintah kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurut Andre, ketika nilai utang tersebut sudah diaudit BPK di tahun yang sama, harusnya menkeu segera membayarkannya ke BUMN. Sebab, BUMN membutuhkan dana itu untuk bisnis mereka.

"Jangan diulur-ulur. Katanya Menteri terbaik, tapi yang ada bukan hanya hobi berutang ke luar negeri tapi juga ke BUMN kita," ujar Andre kepada peserta rapat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/6).

1 dari 1 halaman

Harap Penumpukan Utang Pada BUMN Tak Terulang

utang pada bumn tak terulang rev1

Andre bilang, berutang sudah jadi penyakit pemerintah, khususnya menkeu. Menurutnya, BUMN selalu dibebankan dengan tugas negara, tapi pemerintah justru menumpuk utang dari tahun ke tahun.

Ke depannya, Andre berharap pemerintah memperhatikan betul kebiasaan berutang kepada BUMN-BUMN. Dia juga meminta agar kesimpulan rapat kali ini jadi teguran yang tegas untuk menkeu agar tidak hobi berutang.

"Ini supaya jadi kesimpulan rapat ke depan, sekali lagi kita harus tegas kepada Menteri Keuangan, katanya terbaik, jangan hobi berutang kepada BUMN-BUMN kita," katanya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Utang Pemerintah ke Jasa Marga Capai Rp 5,02 Triliun
PT KAI Tagih Utang Rp 257,87 Miliar ke Pemerintah
Ramai-Ramai BUMN Tagih Utang ke Pemerintah
DPR Setuju Pemerintah Cicil Utang ke Pupuk Indonesia Rp5,7 Triliun Tahun Ini
Tak Dilunasi Sejak 2017, Utang Pemerintah ke Pupuk Indonesia Bengkak Jadi Rp17,1 T
Bos Bulog Tagih Utang Pemerintah Rp2,61 Triliun
Total Utang Pemerintah ke Pertamina Tembus Rp96,5 Triliun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini