Agus Suparmanto, Pengusaha Galangan Kapal Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Perdagangan

Rabu, 23 Oktober 2019 10:22 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Agus Suparmanto, Pengusaha Galangan Kapal Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Jabatan Menteri Perdagangan dalam formasi Kabinet Indonesia Maju, yang diumumkan Presiden Jokowi pagi ini, diduduki oleh Agus Suparmanto. Agus merupakan politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Agus Suparmanto yang juga merupakan pengusaha tersebut saat ini tercatat sebagai Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) periode 2018-2022. Dia terpilih sebagai ketua untuk yang kedua kalinya.

Sementara itu, sepak terjangnya sebagai pengusaha adalah sebagai Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB). Yusril Ihza Mahendra yang merupakan pakar hukum dan tata negara tercatat sebagai komisaris di perusahaan tersebut.

GMB saat ini mempunyai proyek pembangunan galangan atau dok kapal di Manggar, Belitung Timur. Proyek ini dikerjakan bersama anak usaha PT Timah Tbk, yaitu PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (PT DAK).

Selain itu, GMB juga bergerak di bidang reparasi maupun untuk pembuatan kapal baru berbahan baja, alumunium dan fiberglass.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pagi ini mengenalkan susunan kabinet yang akan membantunya dalam 5 tahun ke depan. Kabinet 2019-2024 diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi ingin para kabinetnya untuk fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM), penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan usaha menengah, kecil dan mikro. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini