6 Tips aman pakai kartu kredit di Indonesia

Sabtu, 5 Desember 2015 12:04 Reporter : Novita Intan Sari
6 Tips aman pakai kartu kredit di Indonesia Ilustrasi kartu kredit. ©Shutterstock.com/ Dmitriy Shironosov

Merdeka.com - Kasus pembobolan kartu kredit saat ini tengah marah di Indonesia. Awal tahun, Bank Indonesia menerapkan aturan untuk peningkatan keamanan kartu kredit dengan menggunakan 6 digit PIN. Namun, tak semua perbankan menaati aturan tersebut.

Dengan begitu, kasus pembobolan kartu kredit dari jutaan hingga ratusan juta tak terelakkan terjadi. Hal ini merugikan para nasabah kartu kredit.

Agar terhindar dari pembobolan kartu kredit, diperlukan langkah-langkah aman selama bertransaksi menggunakan kartu kredit. Berikut tips dan langkah aman nasabah kartu kredit seperti dirangkum merdeka.com:

1 dari 6 halaman

Amankan username dan password

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Ini merupakan langkah awal yang benar-benar diperhatikan. Username haruslah sesuai dengan nama asli, sehingga dapat memudahkan dalam proses data. Sedangkan untuk password, ada baiknya menggunakan kata sandi yang benar-benar tidak dapat ditebak, seperti menggunakan haru ulang tahun atau berhubungan dengan keluarga

2 dari 6 halaman

Jangan pinjamkan kartu kredit

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Berikutnya, jangan meminjamkan kartu kredit atau menginformasikan nomor kartu kepada pihak yang tidak berkepentingan. Jaga kerahasiaan data pribadi seperti nama Ibu kandung dan tanggal lahir.

Segera laporkan ke customer service apabila kehilangan kartu kredit untuk menghindari pemakaian dari pihak yang tidak berwenang.

3 dari 6 halaman

Hati-hati dengan promo di internet

Ilustrasi kartu kredit. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/dean bertoncelj

Bersikap hati-hati dalam berbelanja menggunakan internet selalu menjadi prioritas yang utama. Jangan mudah tergiur dengan promo yang ditawarkan. Karena bisa saja ketika memberikan identitas data-data pribadi kartu kredit Anda, tapi itu hanya bohong belaka. Yang terjadi kemudian kartu kredit di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4 dari 6 halaman

Berhati-hati ketika melakukan transaksi.

ilustrasi Kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Berusahalah untuk selalu teliti dan waspada ketika kartu kita diproses di bank, pertokoan, merchant. Dan simpan struk pembelian, jangan sampai hilang. Sesuaikan dengan billing kartu kredit pada saat pembayaran.

5 dari 6 halaman

Hindari bertransaksi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi.

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis memang menyenangkan, apalagi jika koneksinya ngebut. Namun, jangan pernah mencoba untuk bertransaksi dengan koneksi Wi-Fi. Bisa-bisa Anda sedang dipantau oleh orang jahat, dan password Anda dicuri.

6 dari 6 halaman

Pahami konsep kartu kredit

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Terlebih dahulu sebelum menggunakan kartu kredit, pahami konsepnya pengguna kartu kredit. Yang banyak dimengerti masyarakat kartu kredit adalah tambahan penghasilan, padahal kartu kredit adalah pengganti uang tunai yang harus dilunasi sebelum jatuh tempo.

Upayakan untuk melakukan pembayaran kartu kredit sebelum jatuh tempo, supaya kartu tidak terblokir dan dikenakan biaya tambahan lainnya. Dengan demikian kredibilitas Anda sebagai pemegang kartu tetap terjaga. [sau]

Baca juga:
Kasus-kasus pembobolan kartu kredit yang menggemparkan
Aturan kartu kredit pakai PIN dilanggar bikin gampang dibobol
Kartu kredit dibobol, perbankan tak akan ganti uang yang hilang
Mengukur tingkat keamanan kartu kredit di Indonesia
Cara mencegah kartu kredit agar tidak mudah dibobol

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini