6 BUMN sinergi gelar program pertukaran pelajar Yogyakarta-Kalteng

Minggu, 12 Agustus 2018 16:00 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
6 BUMN sinergi gelar program pertukaran pelajar Yogyakarta-Kalteng Program Siswa Mengenal Nusantara 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama menyelenggarakan program pertukaran pelajar yang bertujuan mengenalkan nusantara pada siswa sekolah.

Enam BUMN tersebut terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo dan PT Danareksa (Persero).

Nantinya, 23 siswa berprestasi terpilih dari SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 2 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus Provinsi D.I. Yogyakarta dikirim untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I, Adi Nugroho mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri. Selain mengirim siswa dari Yogyakarta Kalteng, siswa berprestasi dari Kalteng juga dikirim ke Yogyakarta.

Pada program SMN 2018 ini, Angkasa Pura I sebagai BUMN Koordinator/PIC Provinsi D.I. Yogyakarta bersama Garuda Indonesia, Indonesia Re dan KBI sebagai BUMN CO. PIC menerima 23 Siswa berprestasi SMA/SMK/SLB sederajat, 2 guru teladan dan 3 guru pendamping siswa berkebutuhan khusus asal Provinsi Kalteng yang telah diseleksi dan dikirimkan oleh Askrindo dan Danareksa sebagai PIC pelaksanaan SMN di Provinsi Kalteng," kata Adi dalam keterangan resminya, Minggu (12/8).

Para siswa tersebut nantinya akan diajak untuk mengenal BUMN PIC & CO. PIC Provinsi D.I. Yogyakarta, mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI AU Adisutjipto, mempelajari mengenai E-Commerce, mengikuti pelatihan penulisan jurnalistik serta mengunjungi tempat-tempat kebudayaan dan bersejarah di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Selain itu Angkasa Pura I, Indonesia Re, Garuda Indonesia dan KBI akan memberikan bantuan berupa buku bacaan kepada Perpustakaan SMA N 6 Yogyakarta dan Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Para siswa SMN asal Provinsi Kalteng akan diajak pula berkontribusi terhadap pelestarian alam dan lingkungan hidup melalui pelepasan penyu di Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul.

Program SMN ini terlaksana berkat adanya sinergi yang baik antar BUMN sekaligus komitmen bersama atas BUMN Hadir Untuk Negeri dalam aspek pendidikan bagi generasi muda. Melalui program SMN ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta serta kebanggaan dalam diri Siswa/i atas berbagai kekayaan budaya, alam, sejarah serta potensi-potensi daerah yang dimiliki oleh Indonesia dalam hal ini khususnya mengenai Provinsi D.I. Yogyakarta dan Provinsi Kalimantan Tengah," ujarnya.

Sedangkan untuk siswa asal Provinsi D.I. Yogyakarta selama mengikuti Program SMN di Provinsi Kalteng akan diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di kota Palangkaraya. Para siswa akan mengikuti pembelajaran mengenai Bela Negara bersama TNI, pelatihan mengenai E-Commerce, serta akan dibekali pelatihan rehabilitasi Orangutan bersama organisasi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

"Semoga dengan kegiatan pertukaran antar siswa Provinsi D.I. Yogyakarta dan Provinsi Kalteng ini dapat menumbuhkan keakraban, rasa nasionalime yang tinggi serta menambah wawasan bagi para siswa."

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarya Triwidiyatmoko mengapresiasi sinergi enam BUMN pada kegiatan SMN ini. "SMN ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk generasi muda nusantara. Selamat menikmati kota Yogyakarta untuk para siswa/i asal Provinsi Kalteng. Selamat menjadi tamu yang baik kepada siswa/i Yogyakarta yang akan menuju Palangkaraya," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini