5 Aksi Ignasius Jonan di hari pertama jadi menteri perhubungan

Selasa, 28 Oktober 2014 09:01 Reporter : Wisnoe Moerti
5 Aksi Ignasius Jonan di hari pertama jadi menteri perhubungan Ignatius Jonan. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Doa mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada Agustus lalu terkabul. Bekas anak buahnya yang tak lain adalah Direktur PT KAI Ignasius Jonan dipilih Presiden Joko Widodo menjadi menteri.

Oleh Presiden Jokowi, Jonan dipercaya menggawangi sektor perhubungan. Foto Jonan saat tertidur di salah satu kursi gerbong kereta ekonomi beberapa waktu lalu mencuri perhatian Jokowi. Saat memperkenalkan Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan kabinet kerja periode 2014-2019, Presiden Joko Widodo menyinggung soal foto Jonan yang tertidur di gerbong kereta ekonomi.

Jokowi pun punya pesan khusus kepada Jonan. "Nanti Pak Jonan tidak hanya tidur di kereta, tapi juga di kapal sama pesawat," ujar Jokowi di Istana Negara, Minggu (26/10).

Menanggapi hal itu, Jonan mengaku siap memenuhi permintaan Presiden Jokowi. Dia pun mengaku tidak akan mengubah cara kerjanya meski sudah menjadi menteri. "Sudah siap lah. Ya, orang itu masak bisa berubah? Tinggal pekerjaannya yang beda," kata Jonan santai.

Di hari pertamanya setelah dilantik menjadi menteri perhubungan, Jonan langsung berkunjung ke kantor barunya. Sejak sore hingga menjelang malam, Jonan berkeliling dan menggelar rapat tertutup dengan jajaran pejabat Kementerian Perhubungan.

Merdeka.com mencatat aksi Jonan, mantan bos kereta yang kini jadi menteri. Berikut paparannya.

1 dari 5 halaman

Jonan, karyawan baru Kementerian Perhubungan tolak voorijder

Jonan ke Kemenhub. ©2014 Merdeka.com

Selama satu jam Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berkeliling ke ruangan-ruangan yang ada di kantor Kementerian Perhubungan. Ini merupakan kunjungan pertama Jonan di Kemenhub setelah dia resmi menjadi orang nomor satu di kementerian tersebut.

Saat memantau ruang Command Center di lantai 9 Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, Jonan disambut pegawai kementerian yang sengaja menanti kedatangannya. Di hadapan mereka Jonan berkelakar.

"Perkenalan saya pegawai baru. Wong saya belum dapat seragam," ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/10).

2 dari 5 halaman

Tolak dikawal voorijder dan masih pakai mobil pribadi

ignatius jonan. ©google plus

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga ternyata menolak mentah-mentah fasilitas pengawalan polisi bermotor (voorijder) yang diberikan Kementerian Perhubungan. Padahal, fasilitas pengawalan terbilang penting lantaran menjaga keamanan sosok petinggi negara dan mengatasi hambatan kemacetan ibukota.

Hal tersebut terungkap dari sopir pribadi Jonan yang enggan disebutkan namanya. "Bapak menolak voorijder, kemarin malam datang ke rumah. Karena kalau tanpa pengawalan pak Jonan bisa bebas," katanya.

Menurutnya, Jonan tak mau dianggap orang yang berlebihan lantaran memegang status sebagai menteri perhubungan. Dirinya ingin menyamakan stratanya dengan masyarakat lainnya.

"Bapak (Jonan) malu dengan para pengemudi kendaraan lainnya," jelas dia.

3 dari 5 halaman

Blusukan naik turun 12 lantai

Jonan ke Kemenhub. ©2014 Merdeka.com

Usai mengikuti sidang kabinet pertama di Istana Negara, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan langsung mendatangi kantor barunya, Kementerian Perhubungan. Jonan yang mengenakan pakaian batik berwarna coklat hijau tua, datang pukul 15.50 WIB.

Jonan masih menggunakan mobil pribadi Mercedes Benz warna hitam. Saat tiba di kantor barunya, Jonan terlihat gugup. Para pegawai kementerian turut menyambut kehadiran mantan Direktur KAI itu.

Jonan mengunjungi ruang kerjanya di lantai 9 di Gedung Karsa selama 10 menit. Selebihnya, dia blusukan ke semua ruangan di Kementerian Perhubungan. Mulai dari ruang command center lantai di Gedung Karya.

Pantauan merdeka.com, selama hampir satu jam, Jonan bertandang ke semua direktorat jenderal mulai dari lantai 12 hingga lantai dasar. Meski sudah jam pulang kerja, namun hampir semua pegawai Kemenhub masih ada di ruangan dan menyambut kedatangan Jonan.

4 dari 5 halaman

Suruh pegawai Kemenhub pulang

Jonan ke Kemenhub. ©2014 Merdeka.com

Selama satu jam kunjungan Ignasius Jonan di kementerian Perhubungan atau kantornya yang baru, para pegawai dan pejabat setia mendampingi mantan Direktur KAI itu.

Jonan sungkan melihat masih banyak pegawai Kemenhub yang belum pulang padahal jam kerja sudah selesai.

Dengan santai Jonan mempersilakan pegawainya pulang. "Kalau mau pulang, pulang saja," ujar Jonan kepada salah satu pegawai kementerian perhubungan.

5 dari 5 halaman

Berguru ke mantan menteri perhubungan

Ignasius Jonan Dirut KAI. ©Istimewa

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan telah dilantik sebagai Menteri Perhubungan. Meski begitu, Jonan tidak segan berguru langsung dengan pendahulunya, yakni EE Mangindaan.

Usai menghadiri pelantikan, Mangindaan yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini mengaku ditanya langsung soal tugas-tugas menteri perhubungan oleh Jonan.

"Dia emang orang perhubungan. Saya telepon ucapkan selamat, dia mohon petunjuk. Jika dia minta petunjuk apa-apa saya siapkan," ungkap Mangindaan di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/10).

Ketika ditanya apa tugas utama Jonan selama menjadi menteri, Mangindaan meminta agar mantan dirut PT KAI tetap fokus mengembangkan transportasi laut. "Kalau saya sama, wartawan perhubungan juga tahu, kita fokus ke laut, jadi harus diteruskan," ujarnya. [noe]

Baca juga:
Kemeja putih para menteri kabinet Jokowi harganya Rp 60.000
Jonan siap mundur jika tak kerja efektif sebagai menteri
Jonan dan pegawai Kemenhub bergilir masuk kerja Sabtu-Minggu
Dua hari jadi menteri, Jonan kebanjiran permintaan foto selfie
Jonan: Saya geli dipanggil menteri
Jonan janji konsep tol laut Jokowi selesai dua minggu lagi
Rini utamakan cari pengganti Jonan di KAI

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini