KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

2018, Menhub Budi bangun bandara perintis di Gunungkidul

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:00 Reporter : Purnomo Edi
Menhub Budi Karya di Stasiun Pasar Senen. Syifa Hanifa ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana membangun bandara perintis di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pembangunan bandara perintis ini direncanakan akan dimulai pada 2018 dan ditargetkan selesai pada 2019.

Pembangunan bandara perintis akan dilakukan di lapangan terbang Gading, Gunungkidul. Saat ini, pengelolaan lapangan terbang Gading berada di bawah TNI AU.

"Lapangan Terbang Gading berada dikelola oleh TNI AU. Pertama kali kami akan 'kulonuwun' pada KSAU. Nanti akan kita bilang bahwa di Gunungkidul ada bandara dan belum dioptimalkan," jelas Budi di Yogyakarta, Sabtu (12/8).

Budi menuturkan seandainya KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto setuju dengan rencana pengembangan Lapangan Terbang Gading, pembangunan akan dilakukan pada 2018. Paling lambat, 2019 sudah selesai dan bisa beroperasi.

Budi menambahkan bandara perintis ini rencana dibangun dengan panjang landasan 1.600 meter. Nantinya, kata Budi, diharapkan jet pribadi dan pesawat jenis ATR bisa mendarat.

"Pembangunan bandara perintis di Gunungkidul sangat penting. Ini program strategis. Apalagi Pemkab Gunungkidul mencanangkan pariwisata sebagai sebagai industri ungggulan," pungkasnya.

[sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.