Niat Sholat Lailatul Qodar dan Bacaannya, Ketahui Keutamaan Hingga Tata Caranya

Senin, 3 Mei 2021 09:34 Reporter : Mutia Anggraini
Niat Sholat Lailatul Qodar dan Bacaannya, Ketahui Keutamaan Hingga Tata Caranya Malam Lailatul Qadar. ©Reuters

Merdeka.com - Niat sholat lailatul qodar perlu diketahui dan dipahami oleh umat Islam. Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, umat Islam senantiasa diberikan kesempatan untuk menemui lailatul qodar. Lailatul qodar disebut merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Bagi umat Islam yang dapat menemui lailatul qodar, maka beruntunglah. Sebab, ada banyak keutamaan yang dapat diperoleh jika mampu beribadah dengan sungguh-sungguh mengharap ridha Allah di malam tersebut.

Meski demikian, tidak ada yang tahu pasti mengenai kapan waktu turunnya lailatul qodar. Hanya saja, Rasulullah meninggalkan sedikit petunjuk mengenai datangnya lailatul qodar yakni pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi,

“Carilah lailatul qodar pada sepuluh hari malam terakhir dari bulan Ramadan.” (HR. Bukhari).

Maka dari itu, ada baiknya bagi umat Islam untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di malam sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Salah satunya dengan melakukan amalan sunah yang diawali dengan niat sholat lailatul qodar. Simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai niat sholat lailatul qodar hingga tata caranya, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Lailatul Qodar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini