Melanggar Lalu Lintas Agar Tidak Ditilang Polisi, Begini Triknya

Kamis, 23 Juni 2022 09:37 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Melanggar Lalu Lintas Agar Tidak Ditilang Polisi, Begini Triknya ilustrasi tilang sepeda motor. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat pernah melanggar lalu lintas. Ada yang memang menyadari dari awal jika tidak mematuhi aturan lalu lintas. Ada pula yang tidak sengaja melakukannya seperti misalnya kelupaan membawa surat penting atau menyalakan lampu di siang hari.

Akibat kelalaian atau pelanggaran tersebut, para anggota kepolisian yang sedang bertugas di tempat biasanya akan memberhentikan pengendara. Jika kesalahan tidak bisa ditoleran, maka pengendara yang melanggar akan ditilang. Namun ternyata, ada trik khusus agar pengendara yang melanggar lalu lintas tidak ditilang oleh polisi.

Melansir dari akun YouTube Elang Maut Channel, Kamis (23/6), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Jangan Pakai Uang

Salah seorang anggota kepolisian, Benny Fremmy Surbakti, membagikan trik agar tidak ditilang petugas polisi saat melanggar lalu lintas. Dikatakan olehnya dalam video, jangan berpikir negatif untuk menyogok petugas dengan uang.

trik melanggar lalu lintas agar tidak ditilang polisi
YouTube Elang Maut Channel ©2022 Merdeka.com

"Ini triknya supaya kita bisa dibantu oleh petugas. Jangan berpikir negatif pakai uang, bukan," ujar anggota polisi bernama Benny Fremmy Surbakti.

"Kalau kita diberhentikan petugas, kita berhenti dengan sopan. Pelan-pelan berhenti di depannya," paparnya.

"Senyum, jangan cemberut. Berikan sikap yang membuat aparat itu simpati," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Beri Kesan Pertama yang Baik

trik melanggar lalu lintas agar tidak ditilang polisi
YouTube Elang Maut Channel ©2022 Merdeka.com

"Ini bukan kita bicara hukumnya ya, caranya. Karena mereka (petugas) manusia," ujarnya.

"Jadi ketika kita diberhentikan, kita berhenti saja. Senyum, kalau perlu tegur duluan 'Selamat pagi Pak', 'Selamat siang Pak'. Berikan kesan pertama itu yang baik, mereka akan berbeda," jelasnya.

"Kalau sebaliknya kita cemberut, merasa punya backing di belakang, punya saudara misalnya yang berpengaruh. Terus sikap kita yang menganggap sepele, ibaratnya makin jadi ditilang," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Polisi Juga Manusia

trik melanggar lalu lintas agar tidak ditilang polisi
YouTube Elang Maut Channel ©2022 Merdeka.com

"Kalau misalnya kita sikap simpati, ramah lalu kita sampaikan 'Ya Pak, maaf Pak. Saya lupa begini begitu karena begini Pak begini Pak' dengan senyum dan simpati. Mungkin hanya diperingatkan," ungkapnya.

"Karena kan polisi punya deskresi. Mereka bisa melakukan tindakan lain yang bertanggung jawab. Jadi kalau mereka merasa kita pantas diperingatkan, mereka akan memperingatkan. Kalau kesalahan kita masih wajar, kecuali keadaan padat kita menerobos lampu merah, itu kan bahaya, mungkin tidak dimaafkan," lanjutnya.

"Tapi misalnya kalau walaupun sebenarnya bisa ditilang oleh petugas tapi karena kita simpati dan mereka melihat bahwa kita menyadari kesalahan kita, mungkin hanya diperingatkan. Karena petugas juga manusia yang punya rasa kasihan, iba, empati dan sebaliknya juga punya emosi, jengkel. Jadi sebenarnya tergantung kita saja, kecuali pelanggaran kita parah tidak akan dibantu," tutupnya.

5 dari 5 halaman

Video Tips Tidak Ditilang Polisi

Tidak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat pernah melanggar lalu lintas.

Akibat kelalaian atau pelanggaran tersebut, para anggota kepolisian yang sedang bertugas di tempat biasanya akan memberhentikan pengendara.

Namun ternyata, ada trik khusus agar pengendara yang melanggar lalu lintas tidak ditilang oleh polisi.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini