Keluarga Reynhard Sinaga Tajir Banget, Begini Penampakan 'Istananya' di Depok

Selasa, 7 Januari 2020 17:37 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Keluarga Reynhard Sinaga Tajir Banget, Begini Penampakan 'Istananya' di Depok Rumah Keluarga Reynhard Sinaga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Reynhard Sinaga pertama ditangkap kepolisian Manchester, Inggris setelah ketahuan melakukan tindak pemerkosaan terhadap pemuda, 2 Juni 2017 silam. Pria asal Jambi ini disidang 4 kali dan divonis penjara seumur hidup, Senin (6/1) kemarin.

Setelah vonis dijatuhkan, nama Reynhard menjadi headline di beberapa media Inggris dan sempat berada di posisi teratas Trending Topic Indonesia, di hari yang sama.

Reynhard terbukti melakukan pemerkosaan dan merekam tindak kejahatannya tersebut dengan kamera handphone. Menurut hakim yang mengadili Reynhard, ada 195 korban, dan jumlah pastinya belum bisa dipastikan.

Pria berusia 36 tahun merupakan WNI yang berasal dari keluarga kaya raya. Keluarganya kini tinggal di perumahan elit Depok. Ini dia penampakan rumah keluarga Reynhard yang tampak seperti istana.

1 dari 6 halaman

Sosok Reynhard Sinaga

Reynhard Sinaga memiliki nama lengkap Reynhard Tambos Maruli Tua Sinaga. Namanya tercatat sebagai warga Depok, Jawa Barat. Dari penelusuran identitasnya, keluarga Reynhard beralamat di salah satu perumahan mewah di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas.

2020 AFP/HO/GREATER MANCHESTER POLICE

Reynhard sudah tak tinggal di rumah tersebut karena ia tinggal di Inggris sejak 2007. Sebelum ditangkap, Reynhard Sinaga sedang menjalani masa studi S3 di salah satu universitas di Manchester, Inggris.

Dilansir dari The Guardian, Reynhard dikenal teman-temannya sebagai pria yang ceria dan suka berlibur. Teman-temannya tidak mengetahui dari mana Reynhard memperoleh uang, karena tak pernah terlihat bekerja.

2 dari 6 halaman

Keluarga Reynhard Sinaga

Masih dari The Guardian, biaya hidup dan kuliah Reynhard selama di Inggris ditanggung oleh orang tuanya. Ayah Reynhard menyewakan apartemen di kawasan strategis Princess Street, Manchester.

The Guardian menyebut, ayah Reynhard bekerja di bank tanpa menyebut dengan jelas apa jabatannya. Dari data identitas Reynhard, tim Merdeka mendatangi pejabat RT di kawasan tersebut.

"Pak SS memiliki empat anak, laki-laki 3 dan perempuan 1. Saya tidak kenal anaknya," ujar Abraham, Ketua RT di tempat tinggal keluarga Reynhard.

3 dari 6 halaman

Rumah Keluarga Reynhard Sinaga di Depok

Rumah yang terletak di Jalan Dahlia tersebut terlihat sangat luas, tapi sepi. Saat ditanya kebenaran nama pemilik rumah mewah tersebut, salah satu penjaga rumah yang sedang bertugas membenarkan.

2020 Merdeka.com

"Iya benar. Tapi tidak ada orang di rumahnya. Orang tuanya pada ke luar negeri semua, di rumah tidak ada orang," kata salah satu penjaga rumah, Selasa (7/1).

Berdasarkan keterangan dari Abraham, Ketua RT setempat, keluarga Reynhard Sinaga, terutama orang tua, sudah empat tahun tinggal di rumah tersebut.

4 dari 6 halaman

Rumah Luas dan Berpagar Tinggi

Rumah mewah tersebut berdiri di atas lahan dengan luas kurang lebih 3 hektar. Area dalam rumah dikelilingi pagar setinggi lebih dari dua meter. Saking luasnya dan mewahnya, rumah keluarga Reynhard ini terdapat sebuah convention hall.

2020 Merdeka.com

Abraham sebagai Ketua RT di tempat tinggal keluarga Reynhard mengaku tidak mengenal anak-anak dari keluarga tersebut. Ia pernah sesekali ngobrol dengan ayah Reynhard dan membicarakan salah satu anak yang tengah sekolah di Inggris.

"Cuma, hanya satu dari empat yang sedang kuliah di Inggris, waktu ngobrol bersama Pak SS," ujar Abraham.

5 dari 6 halaman

Kejahatan Reynhard Sinaga di Inggris

Reynhard Sinaga divonis hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan di Manchester, Inggris. Ia diadili oleh Hakim Suzanne Goddard yang menyebut pria berkacamata ini sebagai penjahat seksual terkejam dalam sejarah modern Inggris.


CPS

"Anda seorang setan pemerkosa yang memangsa anak muda. Salah satu korban menyebut Anda seorang monster," kata Goddard di persidangan, Senin (6/1).

Reynhard terbukti telah melakukan tindak kriminal kejam, ia telah memperkosa 195 pemuda dengan cara membius mereka dan merekam aksi. Pria yang sudah menetap di Inggris 13 tahun ini telah melakukan kejahatan ini sejak 2015 silam.

6 dari 6 halaman

Reynhard Dihukum Seumur Hidup

Setelah melalui proses penyidikan dan persidangan yang panjang, Reynard divonis bersalah dengan hukuman penjara seumur hidup pada Senin (6/1) waktu setempat.

Reynhard ditangkap awal Juni 2017, setelah salah satu korbannya tersadar dan melaporkannya ke polisi. Karena alibi Reynhard saat itu cukup kuat, ia hampir mengecoh petugas. Namun, akhirnya rekaman di handphone Reynhard berhasil membuka fakta yang telah disembunyikan.

Kini, Reynhard Sinaga harus mendekam di penjara Manchester selama 36 tahun umurnya saat ini, sesuai dengan putusan hakim Suzanne Goddard.

[snw]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini