Kegunaan Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Turunkan Kolesterol

Kamis, 29 September 2022 10:51 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Kegunaan Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Turunkan Kolesterol daun bidara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kegunaan daun bidara merupakan salah satu khasiat herbal yang tidak bisa dikesampingkan. Saat ini, banyak orang yang tidak hanya mempercayakan pengobatan sakit kepada medis, akan tetapi juga kepada obat-obatan herbal.

Salah satu bahan alami yang diyakini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan adalah daun bidara.

Daun bidara berasal dari pohon kecil. Selain daunnya, buah bidara juga mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya mempunyai kegunaan untuk pengobatan dalam tubuh, daun bidara juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam kondisi kulit.

Daun bidara adalah obat-obatan yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, melansir dari berbagai sumber, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang kegunaan daun bidara untuk kesehatan tubuh. Simak artikel ini sampai tuntas.

2 dari 6 halaman

1. Mengontrol Gula Darah

manfaat daun bidara
©2020 Merdeka.com

Melansir dari laman Hellosehat, manfaat pertama dari daun bidara adalah untuk mengontrol gula darah. Gula darah atau yang biasa disebut sebagai diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya. Dan daun bidara dalam membantu mengendalikan diabetes.

Daun bidara membuat penggunaan insulin untuk menyerap gula darah secara lebih efektif. Kandungan vitamin A pada daun ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Pereda Nyeri

Manfaat kedua dari daun bidara yang juga kerap dimanfaatkan oleh orang-orang adalah sebagai pereda nyeri. Daun bidara yang memiliki sifat pereda nyeri atau pelemas otot karena mengandung flavonoid dan saponin dari daun jujuba.

Manfaat tersebut sudah terbukti karena sudah dilakukan percobaan pada sel jaringan makhluk hidup. Daun bidara bisa melemaskan otot-otot yang menegang. Ini tentu bermanfaat untuk Anda yang sering mengalami nyeri otot.

3 dari 6 halaman

3. Penyembuh Luka

Luka yang tak kunjung sembuh adalah kondisi yang tidak mengenakkan. Akan tetapi, daun bidara di sini bisa memiliki fungsi sebagai penyembuh luka. Berdasarkan sebuah riset pada 2016, ekstrak daun bidara mempunyai senyawa glikosida yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menghilangkan bekas luka lain pada kulit. Hal ini tentu bisa membantu Anda yang memiliki luka yang tidak kunjung sembuh. Pertimbangkan untuk menggunakan daun bidara.

4. Menurunkan Kolesterol

Melansir dari laman Fimela, kegunaan daun bidara selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah masalah umum yang terjadi pada manusia. Masalah kesehatan ini bisa diatasi oleh daun bidara. Serat yang larut dalam air daun bidara berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Untuk mendapatkan airnya, Anda bisa merebus daun bidara. Selain itu, daun bidara juga dapat mengikat kolesterol yang ada pada sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses.

4 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

ilustrasi jantung
©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Manfaat selanjutnya dari daun bidara yang perlu untuk diketahui adalah menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah kondisi yang penting untuk diwaspadai oleh semua manusia. Orang yang berisiko terkena penyakit jantung biasanya disebabkan karena pola makannya.

Salah satu manfaat yang baik dari daun bidara adalah menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menambahkan rebusan daun bidara ke dalam menu makan Anda untuk mencegah munculnya penyakit jantung.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Selanjutnya, manfaat daun bidara yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia adalah mengatasi masalah pencernaan. Daun bidara bisa meringankan dampak negatif dari asam lambung, sehingga cocok untuk para penderita maag.

Daun bidara bisa mengeluarkan racun yang ada pada sistem pencernaan tubuh, sehingga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Daun bidara juga bisa mencegah terjadinya infeksi di saluran pencernaan.

5 dari 6 halaman

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selanjutnya, manfaat dari daun bidara yang perlu untuk diketahui adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kesehatan tulang memang menjadi salah satu hal yang perlu untuk dijaga. Salah satu cara menjaganya adalah dengan menggunakan daun bidara. Di dalam daun bidara, terdapat mineral yang cukup tinggi.

Hal itu tentu bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, karena untuk menyusun tulang dan gigi membutuhkan mineral kalsium. Jika Anda mengalami masalah kesehatan tulang, pertimbangkan untuk mengonsumsi daun bidara.

8. Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah kondisi yang sangat membuat mulut tidak nyaman. Kondisi ini memicu kita untuk segera mencari cara yang bisa menyembuhkan sariawan. Sariawan terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. 

Salah satu kandungan yang ada pada daun bidara adalah antioksidan yang dapat mencegah bakteri yang ada di dalam mulut. Selain mengatasi sariawan, daun bidara juga bisa membantu untuk mengatasi masalah mulut lainnya, seperti bibir pecah-pecah.

6 dari 6 halaman

9. Mengatasi Masalah Kewanitaan

manfaat daun bidara
©2020 Merdeka.com

Manfaat daun bidara selanjutnya yang bisa Anda gunakan bagi para wanita adalah mengatasi masalah kewanitaan. Daun bidara memiliki kandungan antiseptik yang bisa membantu mengatasi masalah keputihan dan menstruasi.

Manfaat itu tentu berguna bagi Anda yang sering mengalami masalah pada organ kewanitaan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menggunakan daun bidara. Selain itu, kandungan antiseptik pada daun bidara juga bisa menstabilkan hormon agar menstruasi dapat kembali normal dan menekan bakteri penyebab keputihan.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini