Jenis Makanan Penyebab Diare Anak yang Perlu Diwaspadai, Orangtua Wajib Tahu

Sabtu, 26 November 2022 08:05 Reporter : Mutia Anggraini
Jenis Makanan Penyebab Diare Anak yang Perlu Diwaspadai, Orangtua Wajib Tahu 5 penyebab diare pada anak dan cara mengatasinya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beragam makanan penyebab diare anak penting untuk diketahui para orangtua. Terlebih bagi ibu, daftar makanan penyebab diare tersebut perlu dihindari untuk diolah menjadi santapan sehari-hari.

Diare sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja, tak terkecuali kalangan anak-anak. Diare yang dialami anak-anak cenderung membuat tubuh mereka rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Kondisi tersebut disebabkan karena diare membuat saluran pencernaan anak sulit untuk menyerap cairan dan elektrolit yang masuk melalui asupan makanan dan minuman. Gejala diare yang paling umum terjadi pada anak-anak adalah keluarnya tinja dengan tekstur encer serta berulang kali.

Penyebab utamanya yakni infeksi bakteri, virus, atau parasit yang terdapat pada makanan dan minuman. Oleh karena itu, penting bagi setiap orangtua untuk memperhatikan gizi serta makanan penyebab diare anak yang sebaiknya dihindari.

Lantas, apa saja makanan penyebab diare anak yang perlu diketahui tersebut? Melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/11/22), berikut merdeka.com ulas mengenai daftar makanan penyebab diare anak yang sebaiknya Anda pahami.

2 dari 9 halaman

Penyakit Diare & Gejalanya

Salah satu hal yang perlu diketahui sebelum daftar makanan penyebab diare anak adalah gejalanya. Anda dapat mengenali penyakit diare pada anak melalui gejala dan ciri-ciri yang ditunjukkan oleh tubuhnya.

5 penyebab diare pada anak dan cara mengatasinya
©2020 Merdeka.com

Sebenarnya, masih terdapat beragam gejala lain yang perlu diamati selain kondisi Buang Air Besar (BAB) si kecil. Biasanya, kondisi gangguan BAB tersebut dapat disertai dengan beragam gejala lainnya.

Melansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, gejala yang dapat dialami anak saat diare tersebut di antaranya yakni sebagai berikut:

  • Mata cekung
  • Sangat kehausan
  • Badannya terasa dingin
  • Mulut dan bibir kering
  • Mengantuk secara terus-menerus
  • Raut wajah tampak lemas dan pucat
  • Jumlah urine sedikit atau warnanya kuning pekat kecokelatan
  • Saat menangis air mata yang keluar hanya sedikit atau tidak ada sama sekali
3 dari 9 halaman

Makanan Penyebab Diare Anak

Sebenarnya, daftar makanan penyebab diare anak dapat dikelompokkan secara lebih mudah. Beberapa makanan penyebab diare anak dan perlu dihindari selama gejala masih berlangsung yakni meliputi makanan berminyak, berlemak, sayuran dengan kandungan gas tinggi, makanan pedas, olahan, siap saji, hingga yang berasa asam.

Berikut ulasan selengkapnya.

1. Produk Susu dan Olahan

5 penyebab diare pada anak dan cara mengatasinya
©2020 Merdeka.com

Makanan penyebab diare anak yang pertama yakni dapat berupa produk susu dan olahannya. Sebab, susu beserta olahannya secara tidak langsung dapat mengakibatkan terjadinya intoleransi laktosa pada sistem pencernaan anak.

Jika kondisi ini terjadi, maka tubuh dipastikan tidak memiliki enzim yang cukup untuk memecah kandungan gula dalam produk susu. Akibatnya, gula dapat dibuang lewat BAB dengan begitu cepat.

4 dari 9 halaman

2. Minuman Beralkohol

Makanan penyebab diare anak berikutnya yakni yang mengandung alkohol cukup tinggi. Di antaranya yakni bisa terdapat pada olahan fermentasi dan lain sebagainya.

Sehingga, penting bagi para ibu untuk menghindarkan makanan dengan kandungan alkohol tinggi pada anak.

Selain mengakibatkan diare, alkohol juga cenderung dapat memicu beragam gangguan kesehatan lainnya pada anak.

5 dari 9 halaman

3. Makanan Pedas

5 penyebab diare pada anak dan cara mengatasinya

©2020 Merdeka.com

Makanan penyebab diare anak yang seringkali tak disadari ialah deretan hidangan dengan rasa pedas. Makanan dengan cita rasa pedas memang mungkin menggugah selera anak.

Namun, di sisi lain rupanya makanan pedas juga dapat memicu timbulnya gangguan pencernaan seperti diare pada kalangan usia anak-anak.

Meski disebut bermanfaat lantaran kandungan capsaicinnya, namun makanan pedas juga rentan menyebabkan iritasi pada saluran cerna.

6 dari 9 halaman

4. Makanan atau Minuman Mengandung Kafein

Selain itu, makanan penyebab diare anak yang berikutnya ialah kandungan kafein. Bukan hanya kopi, kafein juga diketahui terkandung pada teh hingga cokelat.

Biasanya, anak-anak pun gemar dengan berbagai camilan dengan rasa cokelat.

Nah, ada baiknya bagi para orangtua untuk menghentikan sejenak konsumsi cokelat pada anak ketika mengalami diare.

7 dari 9 halaman

5. Brokoli dan Kembang Kol

brokoli

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Brokoli dan kembang kol juga merupakan salah satu makanan penyebab diare anak yang jarang diketahui. Meski kaya serat dan baik bagi tubuh, namun seringkali saluran cerna mengalami kesulitan untuk memproses nutrisinya.

Selain itu, brokoli dan kembang kol juga merupakan makanan dengan kandungan gas cukup tinggi.

Sehingga, kedua sayuran tersebut rentan menyebabkan kondisi saluran cerna yang penuh gas, sembelit, hingga diare.

8 dari 9 halaman

6. Makanan Siap Saji

Daftar makanan penyebab diare anak yang berikutnya yakni olahan siap saji. Sebab, makanan siap saji cenderung mengandung lemak jenuh dan lemak trans bagi tubuh.

Kondisi tersebut dapat memperburuk diare.

Sehingga penting bagi anak untuk terhindar dari jenis makanan tersebut saat mengalami diare.

9 dari 9 halaman

7. Bawang Putih dan Bawang Bombay

ilustrasi bawang bombay

Shutterstock/Heike Rau

Makanan penyebab diare anak yang terakhir yakni berupa bawang putih dan bawang bombay. Kedua jenis bawang tersebut akan menyebabkan gas apabila terurai di dalam saluran cerna.

Terlebih lagi, kedua jenis bawang tersebut mengandung kadar fruktar yang cukup tinggi.

Zat tersebut diketahui merupakan serat tidak larut sehingga dapat membuat asupan makanan lebih cepat melewati saluran cerna hingga menyebabkan gangguan BAB.

 

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini