Ini Video Kilatan Cahaya Misterius di Atas Gunung Merapi, Terekam Jelas CCTV

Minggu, 30 Mei 2021 10:41 Reporter : Mutia Anggraini
Ini Video Kilatan Cahaya Misterius di Atas Gunung Merapi, Terekam Jelas CCTV Kilatan Cahaya Misterius di Atas Gunung Merapi. Instagram/@ndorobeii ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah unggahan fenomenal hingga kini viral di media sosial dan menjadi perbincangan publik. Pada foto viral tersebut, nampak sebuah kilatan cahaya misterius berwarna hijau berada di atas kawah Gunung Merapi.

Tak sedikit dari publik yang lantas penasaran dan menebak mengenai cahaya tersebut. Beragam komentar muncul setelah banyak video beredar dari rekaman CCTV.

Lantas, apa sebenarnya kilatan cahaya menjulang tinggi tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Viral Kilatan Cahaya di Atas Gunung Merapi

Sebuah kilatan berwarna hijau dan berbentuk memanjang di atas Gunung Merapi berhasil diabadikan oleh akun Instagram @gunarto_song. Unggahan tersebut lantas dibagikan kembali oleh akun Instagram @ndorobeii dan sukses merebut atensi publik.

Kala itu, sang pemilik foto disebut berhasil menangkap fenomena unik di kawasan Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta, Kamis (27/5) pukul 23.07 WIB.

kilatan cahaya misterius di atas gunung merapi

Instagram/@ndorobeii ©2021 Merdeka.com

"Menurut kalian, itu cahaya apa ya? Apa meteor yang jatuh di puncak Merapi? Lokasi: Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021, Jam 23.07 WIB) Difoto oleh Gunarto_song," dikutip dari keterangan unggahan dalam akun Instagram @ndorobeii.

3 dari 6 halaman

Rekaman BPPTKG

Menanggapi unggahan yang beredar luas di media sosial tersebut, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkapkan, tak ada benda jatuh yang mengenai Gunung Merapi dan sekitarnya.

Kendati demikian, CCTV milik BPPTKG pun sempat merekam kilatan cahaya yang berada di atas gunung di perbatasan Jawa Tengah dan DIY tersebut. Pada titik CCTV yang berlokasi di Deles, nampak sebuah kilatan cahaya yang jatuh dan tercatat pada pukul 23.08 WIB.

"Hari ini di media sosial beredar foto yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi. Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," ungkap BPPTKG dalam akun Instagram resmi @bpptkg.

4 dari 6 halaman

Tak Berpengaruh ke Gunung Merapi

Meski terjadi kilatan cahaya misterius yang jatuh tepat di atas Gunung Merapi, namun pihak BPPTKG menyebutkan bahwa tak terjadi hal-hal signifikan. Saat kilatan cahaya tersebut jatuh, tak ada sinyal getaran, suara, atau gempa yang mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi.

"Berdasarkan data pemantauan, pada saat kejadian tidak ada sinyal kegempaan dan suara sehingga kami menyimpulkan tidak ada benda yang jatuh di sekitar Merapi. Sampai saat ini, kejadian tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Merapi," kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, dikutip dari Liputan6.com.

5 dari 6 halaman

Tak Dapat Dipastikan

BPPTKG menyebut, kilatan cahaya misterius tak dapat dipastikan mengenai wujud dan asal-usulnya. Hal ini lantaran pengamatan benda langit bukan tugas utama dari BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi.

kilatan cahaya misterius di atas gunung merapi

Instagram/@ndorobeii ©2021 Merdeka.com

"Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," tambah BPPTKG dalam akun Instagram resmi @bpptkg.

6 dari 6 halaman

Video Kilatan Cahaya di Atas Gunung Merapi

Berikut videonya.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BPPTKG (@bpptkg)

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini