Ingin Masuk Jadi Pasukan Merah Dayak, Ini Syaratnya Kata Panglima Jilah

Selasa, 6 Desember 2022 10:23 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Ingin Masuk Jadi Pasukan Merah Dayak, Ini Syaratnya Kata Panglima Jilah Ingin Masuk Jadi Pasukan Merah Dayak, Ini Syaratnya Kata Panglima Jilah. ©2022 Merdeka.com/youtube.com/AndrewWenn

Merdeka.com - Pasukan Merah Dayak adalah pasukan adat yang mendiami Pulau Kalimantan. Mereka juga bisa dikatakan sebagai pasukan elit dari Suku Dayak.

Oleh karena itu, bagi orang awam yang ingin masuk dan bergabung dengan Pasukan Merah Dayak, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Baik syarat secara administratif maupun adat.

Pemimpin Pasukan Merah Dayak, Panglima Jilah membocorkan apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin bergabung di Pasukan Merah Dayak. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Syarat Masuk Pasukan Merah Dayak

ingin masuk jadi pasukan merah dayak ini syaratnya kata panglima jilah

©2022 Merdeka.com/youtube.com/AndrewWenn

Panglima Jilah memberikan bocoran syarat-syarat untuk bergabung sebagai Pasukan Merah Dayak. Ada dua syarat yang harus dipenuhi yaitu syarat administratif dan non administratif.

Syarat administratif yaitu KTP, akta lahir, dan beberapa alat adat yang harus dibeli oleh calon anggota. Sedangkan syarat non administratif adalah perihal tujuan bergabung ke Pasukan Merah Dayak.

Seorang tidak boleh bergabung ke pasukan jika hanya untuk gagah-gagahan dan pamer kekuatan saja. Kalau itu yang terjadi, maka Panglima Jilah tidak menganjurkan untuk bergabung.

“Di Pasukan Merah harus ada KTP-nya, harus ada alat-alat adatnya yang harus kalian beli. Administrasinya, jelas atau tidak, tujuannya apa, hanya untuk tenar-tenar, gagah-gagah, atau menjadi preman,” ujar Panglima Jilah.

3 dari 5 halaman

Pasukan Merah Bertujuan Mendidik

ingin masuk jadi pasukan merah dayak ini syaratnya kata panglima jilah
©2022 Merdeka.com/youtube.com/AndrewWenn

Salah satu tujuan Pasukan Merah Dayak adalah untuk mendidik manusia. Manusia dididik dengan adat dan akal budi yang sehat. Harapannya adalah supaya manusia bisa mengerti bagaimana yang baik dan tidak baik

Didikan dari Masukan Merah Dayak tidak pernah jauh dari aturan adat. Adat sangat penting bagi seorang manusia karena mengatur tatanan hidup.

“Adat itu mengatur tatanan hidup supaya kita lebih baik. Kalau tidak ada adat, manusia itu, waduh, kiamat lagi,” ujar Panglima Jilah.

4 dari 5 halaman

Sejarah Pasukan Merah Dayak

ingin masuk jadi pasukan merah dayak ini syaratnya kata panglima jilah
©2022 Merdeka.com/youtube.com/AndrewWenn

Pasukan Merah Dayak terbentuk pada tahun 1995. Pada waktu itu, masyarakat Suku Dayak yang masih kental dan menjunjung tinggi adat istiadat mulai dimasuki oleh agama.

Oleh karena itu, sebagai antisipasi atas dominasi agama di Suku Dayak yang sudah mulai meninggalkan adat, maka dibentuklah Pasukan Merah Dayak untuk menjaga keutuhan adat Dayak.

“Jika kita ini hanya beragama tapi beradatnya tidak ada sama saja. Orang beragama tapi melupakan adat istiadatnya. Sedangkan dia kan dilahirkan sebagai Suku Dayak,” ujar Jilah.

5 dari 5 halaman

Pesan Panglima Jilah

ingin masuk jadi pasukan merah dayak ini syaratnya kata panglima jilah

©2022 Merdeka.com/youtube.com/AndrewWenn

Panglima Jilah sebagai petinggi Pasukan Merah Dayak memberikan pesan kepada masyarakat untuk tetap menjadi orang yang baik.

Ia juga mengatakan untuk tetap berpedoman kepada kabaikan, bukan kejahatan.

“Tetap kita berpedoman kepada kebaikan, jangan punya hati yang jahat. Bertetanggalah bertetangga yang baik. Bersukulah bersuku yang baik, beragamalah beragama yang baik. Bernegaralah bernegara yang baik. Jadi hidup kita ini damai, tenang,” lanjut Jilah.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini