Gagasan Pokok Adalah Gambaran Keseluruhan Paragraf, Ini Penjelasannya

Sabtu, 25 Juni 2022 09:07 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Gagasan Pokok Adalah Gambaran Keseluruhan Paragraf, Ini Penjelasannya ilustrasi buku. muslim.sg

Merdeka.com - Gagasan pokok adalah gambaran dari keseluruhan paragraf. Gagasan pokok juga biasa disebut dengan ide pokok, gagasan utama, atau pikiran utama.

Secara garis besar, gagasan pokok berfungsi untuk memahami pokok pikiran yang hendak disampaikan oleh penulis. Dari sisi penulis, pada umumnya ide pokok dituangkan dalam sebuah kalimat utama.

Para pembaca biasanya akan menemukan gagasan pokok jika sudah bisa membedakan mana kalimat utama dan penjelas. Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman gramedia dan berbagai sumber, Jumat (24/6/2022):

2 dari 6 halaman

Gagasan Pokok

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa gagasan pokok adalah ide atau hasil pemikiran utama dalam sebuah paragraf. Karena paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Keduanya sama-sama disajikan dalam bentuk kalimat. Dalam satu paragraf biasanya hanya terdapat satu gagasan pokok.

Kalimat yang mengandung gagasan pokok disebut sebagai kalimat utama sedangkan kalimat yang mengandung gagasan pendukung disebut sebagai kalimat penjelas.

Gagasan pokok tentu sangat penting dalam sebuah paragraf. Hal ini berguna untuk memfokuskan pesan yang ingin disampaikan pada paragraf itu sendiri. [khu]

Baca juga:
Cara Pendaftaran PPDB Online Model B Plus Beserta Langkah Melihat Hasil Seleksi
Tujuan BPUPKI dan Tugasnya Bagi Indonesia, Simak Penjelasannya
Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan, Buat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Gagasan Pokok

Dengan mengetahui ciri-ciri atau karakteristik gagasan pokok, maka kita akan bisa dengan mudah menemukannya.  Berikut adalah ciri-ciri gagasan pokok:

1. Mendominasi bahasan dalam paragraf

2. Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas

3. Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas

4. Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti 'sebagai kesimpulan', 'oleh karena itu', 'yang terpenting', jadi', 'Maka' dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Jenis Gagasan Pokok

1. Gagasan Induktif

Gagasan induktif adalah kalimat utama yang letaknya berada di awal paragraf dan biasanya diawali dengan suatu hal yang umum, kemudian kalimat berikutnya berupa hal-hal khusus.

2. Gagasan Deduktif

Sedangkan gagasan dedukif adalah gagasan pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf. Oleh sebab itu, pada umumnya paragraf pada gagasan pokok deduktif ini akan diawali dengan hal-hal yang khusus terlebih dahulu, kemudian hal-hal umum.

3. Gagasan Campuran (Induktif dan Deduktif)

Gagasan campuran adalah gagasan yang berasal dari gabungan antara gagasan induktif dengan gagasan deduktif. Gagasan campuran ini letaknya berada pada awal dan akhir paragraf.

5 dari 6 halaman

Cara Menemukan Gagasan Pokok

1. Baca dan Cermati Tiap Kalimat

Untuk menemukan gagasan pokok, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca dan mencermati setiap kalimat yang ada di dalam suatu paragaraf.

Selain itu, ketika membaca sebuah paragraf, sebaiknya bacalah dengan teliti agar mudah menemukan gagasan pokok atau gagasan utama.

2. Identifikasi Ide atau Kata Benda atau Subjek yang Mendominasi Paragraf Tersebut

Setelah membaca setiap kalimat yang ada di dalam paragraf dengan teliti, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi setiap benda atau objek yang ada di dalam paragraf tersebut. Pembaca perlu mengidentifikasi ide, subjek, dan objek. Dengan begitu, paragraf utama bisa ditemukan dengan mudah.

3. Tentukan 1 Kalimat yang Cocok Dijadikan Kalimat Utama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa gagasan pokok terdiri dari kalimat yang dapat mewakili keselurahan saat bercerita.
Oleh sebab itu, apabila ingin menemukan gagasan pokok sebaiknya temukan 1 kalimat yang ada di dalam paragraf  yang dirasa benar-benar mewakiliki semua paragraf yang ada.

4. Temukan Gagasan Pokok dalam Kalimat Utama

Setelah menemukan kalimat utama, pembaca biasanya akan dengan mudah menemukan gagasan pokok dari suatu paragraf.

Dalam sebuah karya sastra, penting untuk menyusun paragraf yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca akan dipahami dengan baik.

6 dari 6 halaman

Contoh Gagasan Pokok

Dilansir dari laman Liputan6 yang dikutip dari e-modul berjudul Indahnya Kebersamaan Bahasa Indonesia yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut contoh gagasan pokok:

Hari Minggu para siswa PKBM Pelita mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Mereka ingin melihat keragaman budaya Indonesia melalui rumah adat yang ada di sana. Mereka naik bus berukuran sedang ke sana. Perjalanan ke TMII hanya memerlukan waktu satu jam saja.

Taman Mini Indonesia Indah memiliki memiliki anjungan daerah berupa bangunan rumah-rumah adat yang memiliki ciri khas tradisonal. Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, dan ragam hias.

Selain itu, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya juga dibuat sama seperti bangunan aslinya. Setelah sampai di TMII, tempat pertama yang dikunjungi adalah anjungan Sumatera Barat untuk melihat Rumah Gadang. Rumah ini merupakan rumah panggung karena lantainya jauh di atas tanah.

Rumah Gadang disebut juga rumah Bagonjong atau rumah Gonjong karena atapnya runcing. Lengkungan pada atapnya mirip dengan bentuk tanduk kerbau, sedangkan badan rumahnya juga melengkung, landai seperti badan kapal.

- Gagasan Pokok 1: Hari Minggu para siswa PKBM Pelita mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.

- Gagasan Pokok 2: Taman Mini Indonesia Indah memiliki memiliki anjungan daerah berupa bangunan rumah-rumah adat yang memiliki ciri khas tradisonal.

- Gagasan Pokok 3: Tempat pertama yang dikunjungi adalah anjungan Sumatera Barat untuk melihat Rumah Gadang.

Baca juga:
Cara Pendaftaran PPDB Online Model B Plus Beserta Langkah Melihat Hasil Seleksi
Tujuan BPUPKI dan Tugasnya Bagi Indonesia, Simak Penjelasannya
Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan, Buat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini