Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gagasan Pokok Adalah Gambaran Keseluruhan Paragraf, Ini Penjelasannya

Gagasan Pokok Adalah Gambaran Keseluruhan Paragraf, Ini Penjelasannya ilustrasi buku. muslim.sg

Merdeka.com - Gagasan pokok adalah gambaran dari keseluruhan paragraf. Gagasan pokok juga biasa disebut dengan ide pokok, gagasan utama, atau pikiran utama.

Secara garis besar, gagasan pokok berfungsi untuk memahami pokok pikiran yang hendak disampaikan oleh penulis. Dari sisi penulis, pada umumnya ide pokok dituangkan dalam sebuah kalimat utama.

Para pembaca biasanya akan menemukan gagasan pokok jika sudah bisa membedakan mana kalimat utama dan penjelas. Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman gramedia dan berbagai sumber, Jumat (24/6/2022):

Gagasan Pokok

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa gagasan pokok adalah ide atau hasil pemikiran utama dalam sebuah paragraf. Karena paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Keduanya sama-sama disajikan dalam bentuk kalimat. Dalam satu paragraf biasanya hanya terdapat satu gagasan pokok.

Kalimat yang mengandung gagasan pokok disebut sebagai kalimat utama sedangkan kalimat yang mengandung gagasan pendukung disebut sebagai kalimat penjelas.

Gagasan pokok tentu sangat penting dalam sebuah paragraf. Hal ini berguna untuk memfokuskan pesan yang ingin disampaikan pada paragraf itu sendiri.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok

Dengan mengetahui ciri-ciri atau karakteristik gagasan pokok, maka kita akan bisa dengan mudah menemukannya.  Berikut adalah ciri-ciri gagasan pokok:1. Mendominasi bahasan dalam paragraf2. Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci lewat kalimat-kalimat penjelas3. Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas4. Jika letaknya di akhir paragraf (paragraf induktif), maka biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti 'sebagai kesimpulan', 'oleh karena itu', 'yang terpenting', jadi', 'Maka' dan lain sebagainya.

Jenis Gagasan Pokok

1. Gagasan InduktifGagasan induktif adalah kalimat utama yang letaknya berada di awal paragraf dan biasanya diawali dengan suatu hal yang umum, kemudian kalimat berikutnya berupa hal-hal khusus.2. Gagasan DeduktifSedangkan gagasan dedukif adalah gagasan pokok yang terletak pada bagian akhir paragraf. Oleh sebab itu, pada umumnya paragraf pada gagasan pokok deduktif ini akan diawali dengan hal-hal yang khusus terlebih dahulu, kemudian hal-hal umum.3. Gagasan Campuran (Induktif dan Deduktif)Gagasan campuran adalah gagasan yang berasal dari gabungan antara gagasan induktif dengan gagasan deduktif. Gagasan campuran ini letaknya berada pada awal dan akhir paragraf.

Cara Menemukan Gagasan Pokok

1. Baca dan Cermati Tiap KalimatUntuk menemukan gagasan pokok, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca dan mencermati setiap kalimat yang ada di dalam suatu paragaraf. Selain itu, ketika membaca sebuah paragraf, sebaiknya bacalah dengan teliti agar mudah menemukan gagasan pokok atau gagasan utama.2. Identifikasi Ide atau Kata Benda atau Subjek yang Mendominasi Paragraf TersebutSetelah membaca setiap kalimat yang ada di dalam paragraf dengan teliti, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi setiap benda atau objek yang ada di dalam paragraf tersebut. Pembaca perlu mengidentifikasi ide, subjek, dan objek. Dengan begitu, paragraf utama bisa ditemukan dengan mudah. 3. Tentukan 1 Kalimat yang Cocok Dijadikan Kalimat UtamaSeperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa gagasan pokok terdiri dari kalimat yang dapat mewakili keselurahan saat bercerita. Oleh sebab itu, apabila ingin menemukan gagasan pokok sebaiknya temukan 1 kalimat yang ada di dalam paragraf  yang dirasa benar-benar mewakiliki semua paragraf yang ada. 4. Temukan Gagasan Pokok dalam Kalimat UtamaSetelah menemukan kalimat utama, pembaca biasanya akan dengan mudah menemukan gagasan pokok dari suatu paragraf. Dalam sebuah karya sastra, penting untuk menyusun paragraf yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca akan dipahami dengan baik.

Contoh Gagasan Pokok

Dilansir dari laman Liputan6 yang dikutip dari e-modul berjudul Indahnya Kebersamaan Bahasa Indonesia yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut contoh gagasan pokok:Hari Minggu para siswa PKBM Pelita mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Mereka ingin melihat keragaman budaya Indonesia melalui rumah adat yang ada di sana. Mereka naik bus berukuran sedang ke sana. Perjalanan ke TMII hanya memerlukan waktu satu jam saja.Taman Mini Indonesia Indah memiliki memiliki anjungan daerah berupa bangunan rumah-rumah adat yang memiliki ciri khas tradisonal. Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, dan ragam hias. Selain itu, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya juga dibuat sama seperti bangunan aslinya. Setelah sampai di TMII, tempat pertama yang dikunjungi adalah anjungan Sumatera Barat untuk melihat Rumah Gadang. Rumah ini merupakan rumah panggung karena lantainya jauh di atas tanah. Rumah Gadang disebut juga rumah Bagonjong atau rumah Gonjong karena atapnya runcing. Lengkungan pada atapnya mirip dengan bentuk tanduk kerbau, sedangkan badan rumahnya juga melengkung, landai seperti badan kapal.- Gagasan Pokok 1: Hari Minggu para siswa PKBM Pelita mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah.- Gagasan Pokok 2: Taman Mini Indonesia Indah memiliki memiliki anjungan daerah berupa bangunan rumah-rumah adat yang memiliki ciri khas tradisonal.- Gagasan Pokok 3: Tempat pertama yang dikunjungi adalah anjungan Sumatera Barat untuk melihat Rumah Gadang.

(mdk/khu)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Gagasan Pokok adalah Inti dari Sebuah Bacaan, Kenali Ciri-cirinya
Gagasan Pokok adalah Inti dari Sebuah Bacaan, Kenali Ciri-cirinya

Gagasan pokok mencerminkan ide utama yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
6 Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama, Lengkap Beserta Penjelasannya
6 Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama, Lengkap Beserta Penjelasannya

Berikut contoh kalimat utama dan gagasan utama lengkap beserta penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Konsumsi Makanan yang Sedikit Gosong, Ketahui Risiko yang Mungkin Muncul
Konsumsi Makanan yang Sedikit Gosong, Ketahui Risiko yang Mungkin Muncul

Konsumsi makanan sedikit gosong bisa menimbulkan dampak pada kesehatan yang perlu diperhatikan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya

Teks eksposisi adalah suatu jenis karangan yang memaparkan gagasan, konsep, atau fakta yang bersifat umum.

Baca Selengkapnya
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag

Gorengan adalah makanan yang jadi favorit banyak orang termasuk untuk berbuka puasa. Sayangnya makanan ini sebaiknya dhindari.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya

Kata pengantar memiliki peran penting dalam memberikan pandangan singkat tentang isi karya yang akan dibaca, sambil memberikan rasa penasaran kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
Bisakah Popok Sekali Pakai Milik Bayi Mengalami Kedaluwarsa?
Bisakah Popok Sekali Pakai Milik Bayi Mengalami Kedaluwarsa?

Popok sekali pakai milik bayi tidak memiliki batas kedaluwarsa namun sebaiknya digunakan secepat mungkin.

Baca Selengkapnya
Gagal Jadi Anggota Dewan, Ini Kesibukan Anang Hermansyah Sekarang
Gagal Jadi Anggota Dewan, Ini Kesibukan Anang Hermansyah Sekarang

Anang Hermansyah kini memiliki kegiatan baru setelah gagal memperebutkan kursi di DPR RI.

Baca Selengkapnya
Anak Piatu 5 Kali Gagal Masuk TNI Kini Pilih jadi Polisi, Momen Terlambat Datang saat Pengumuman Tes Bikin Haru
Anak Piatu 5 Kali Gagal Masuk TNI Kini Pilih jadi Polisi, Momen Terlambat Datang saat Pengumuman Tes Bikin Haru

Berikut kisah anak piatu 5 kali gagal masuk TNI kini memilih menjadi anggota Polri.

Baca Selengkapnya