Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fungsi GPS Pada Mobil yang Perlu Diketahui, Pahami Cara Kerjanya

Fungsi GPS Pada Mobil yang Perlu Diketahui, Pahami Cara Kerjanya Ilustrasi memakai GPS. ©2014 Merdeka.com/ shutterstock/ Krivosheev Vitaly

Merdeka.com - Fungsi GPS atau Global Positioning System pada mobil, tentu sangatlah berguna. GPS sendiri, merupakan sistem navigasi menggunakan satelit, yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instant dengan cepat dan tepat. Dengan menggunakan alat ini, maka dimungkinkan user dapat melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time.

GPS digunakan untuk menentukan letak sesuatu di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi, sehingga dapat digunakan untuk menentukan kecepatan, arah, letak, dan juga waktu.

Berikut Merdeka.com merangkum beberapa jenis-jenis GPS yang biasa digunakan beserta fungsi dan cara kerjanya dilansir dari laman intellitrac.co.id dan berbagai sumber:

Perbedaan GPS Navigasi dan Tracker

Seiring berjalannya waktu, sistem GPS ini semakin berkembang pemanfaatanya dan dibedakan menjadi dua bagian. Yakni, GPS navigasi dan GPS tracker. Meski sama-sama GPS, keduanya memiliki fungsi yang berbeda jika dipasang di kendaraan.

GPS Navigasi

GPS Navigasi memiliki fungsi sebagai pemandu perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kata lain, GPS navigasi mampu menunjukan arah tujuan pengendara dengan menggunakan peta digital. GPS navigasi yang populer dan banyak digunakan yakni google maps dan waze.

Aplikasi peta digital itu, akan memberikan petunjuk arah dan menggunakan informasi lalu lintas secara real time untuk menemukan rute terbaik ke tujuan pengguna.

GPS Tracker

GPS Tracker merupakan teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan dalam keadaan Real-Time. GPS tracking ini, memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Alat ini biasanya digunakan untuk kebutuhan sistem pelacakan yaitu alat penampil dan penerima sinyal yang berbeda lokasi. Contohnya kita bisa mengetahui lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat titik kordinat yang dihasilkan dari alat yang terpasang dalam kendaraan tersebut, untuk melihatnya bisa melalui media smartphone atau alat-alat khusus lainnya.

Fungsi GPS Pada Mobil

1. Bisa Mendeteksi CuacaGPS tidak hanya digunakan untuk mencari lokasi suatu jalan atau daerah saja, namun juga bisa mendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan dan suhu pada saat itu. Jadi pengemudi memiliki persiapan matang sewaktu menuju ke tempat tujuan tersebut.2. Mengantisipasi PencurianPenggunaan GPS pada mobil merupakan salah satu hal yang paling tepat untuk keamaan kendaraan dari pencurian. Sebab, alat ini bisa melacak secara langsung perjalanan dari kendaraan. Untuk para pengusaha rental mobil, pemasangan GPS juga sangat dianjurkan untuk bisa selalu memantau lokasi dan keadaan kendaraan. 3. Mendeteksi Kantor Polisi TerdekatTak hanya bisa menunjukkan lokasi, GPS juga memiliki fitur keamanan yang apabila Anda menekan tombol 'help' maka akan ditampilkan akses jalan menuju kantor polisi, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Jadi dengan mudah bisa langsung mengikuti petunjuk di map.

4. Bisa Disetting Waktu

Untuk Anda yang memiliki usaha jasa rental, fitur satu ini sangat bermanfaat untuk menyetting jadwal peminjaman mobil sehingga tidak akan adal kesalahan waktu nantinya. Kemudian juga bisa dilacak setiap keberangkatannya sehingga jika suatu saat membutuhkannya bisa langsung membuka historynyaTentu hal ini sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha rental mobil. Jadi memang inilah alasannya kendaraan masa kini harus pakai GPS mobil karena cukup mempermudah pekerjaan khususnya dalam hal penjadwalan.5. Lebih Mudah Mengemudi di Malam HariDengan adanya fasilitas GPS pada mobil, mengemudi di malam hari pastinya akan lebih mudah karena GPS bisa membantu menemukan rute jalan yang bisa dipilih.

6. Bisa Merekam History Perjalanan

Secara umum, fungsi GPS adalah memberi info mengenai lokasi tujuan Anda. Namun ternyata alat ini juga bisa merekam semua tempat dan wilayah yang pernah didatangi sehingga bisa dilacak dengan mudah.Selain menentukan arah jalan dan letak suatu lokasi, GPS juga bisa digunakan sebagai alat pemantau dan pelacak yang dapat memberikan informasi mengenai keberadaan mobil terkini. Baik dari tempat berhentinya hingga history perjalanan.Jadi Anda dengan bebas dapat melacak dan memantau perjalanan. Hal ini sangat bermanfaat apabila digunakan oleh penyedia jasa rental mobil karena dapat mengantisipasi kecurangan karyawan ataupun pencurian kendaraan.7. Bisa Digunakan Sebagai PenyadapJika diperlukan, fasilitas GPS ini juga bisa digunakan sebagai alat penyadap yag dapat digunakan untuk merekam pembicaraan orang yang ada di dalam mobil. Selain itu, penggunaan sistem GPS yang bisa memberikan informasi tentang lokasi yang akan dituju beserta rute dan akses jalan terbaik juga tercepat. Jadi Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.Hal ini tentunya akan mempercepat perjalanan Anda sampai ke tempat tujuan, secara otomatis bahan bakar yang digunakan akan lebih sedikit. Waktu tempuh juga semakin singkat, jika tadinya bisa 1 hingga 2 jam, dengan GPS jarak dapat dicapai hanya setengah jam saja.

(mdk/khu)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Buat Akun Google, Lengkap Beserta Manfaatnya

Cara Buat Akun Google, Lengkap Beserta Manfaatnya

Dengan memiliki akun Google, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps dan beberapa aplikasi lain.

Baca Selengkapnya
Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Air wiper merupakan bagian penting yang berperan dalam membersihkan kaca mobil ketika hujan. Oleh sebab harus tetap tersedia. Simak cara mengisi air wiper mobil

Baca Selengkapnya
3 Fakta Kereta Cepat Bakal Hadir di Kota Madiun, Fungsinya Unik

3 Fakta Kereta Cepat Bakal Hadir di Kota Madiun, Fungsinya Unik

Kereta cepat segera hadir di Kota Madiun, simak fakta selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.