Cara Membuat Badan Berisi Agar Tubuh Terlihat Lebih Ideal

Sabtu, 1 Agustus 2020 09:09 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Cara Membuat Badan Berisi Agar Tubuh Terlihat Lebih Ideal ilustrasi berat badan. © elembarazo.net

Merdeka.com - Cara membuat badan berisi bisa dilakukan dengan berbagai hal. Seseorang yang ingin menggemukkan badan biasanya didasari oleh beberapa faktor, salah satunya merasa tubuhnya terlihat kurang ideal karena terlalu kurus.

Berat badan ideal sendiri bisa dihitung menggunakan rumus sebagai berikut. Untuk wanita: berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]. Sedangkan untuk pria, berat badan ideak (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%].

Lantas bagaimanakah cara untuk membuat badan lebih berisi agar terlihat ideal? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari laman sehatq:

1 dari 7 halaman

Makan Lebih Sering dan Pilih Nutrisi yang Tepat

ilustrasi makanan sehat

©Pixabay

Untuk menambah berat badan secara alami, cobalah untuk makan lebih sering dibandingkan biasanya. Mengurangi porsi makan dan meningkatkan intensitas waktu makan bisa membantu menambah berat badan secara alami. Misal jika Anda biasa makan tiga kali dalam sehari, cobalah untuk makan lima atau enam kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit.

Jangan lupa untuk memilih makanan yang bernutrisi tinggi. Jangan asal memilih makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Perbanyak juga konsumsi makanan tinggi nutrisi seperti buah, sayur, dan kacangkacangan.

2 dari 7 halaman

Jangan Minum Sebelum Makan

Orang kurus biasanya cenderung akan merasaka kenyang lebih cepat saat makan. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk menghindari minum sebelum makan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa kenyang di awal sehingga bisa menambah nafsu makan. Lebih baik minum air pada saat makan atau 30 menit setelahnya. Hal ini bisa membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Konsumsi Jus atau Smoothies

Ternyata konsumsi nutrisi yang baik juga berpengaruh dalam penambahan berat badan. Cobalah konsumsi jus atau smoothies yang dicampur dengan susu atau yoghurt setiap hari. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap kalau tekstur makanan lebih halus.

3 dari 7 halaman

Konsumsi Tambahan Kalori

ilustrasi makanan sehat

©Pixabay


Setiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk mencerna makanan ataupun mengeluarkan energi. Menambah asupan kalori pada makanan bisa membuat tubuh cepat berisi karena tubuh tidak akan kehilangan kalori terlalu banyak saat beraktivitas.

Di sela kegiatan, Anda juga bisa mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan. Jika bosan, Anda juga bis amenognsumsi camilan lain seperti kacang kedelai.

4 dari 7 halaman

Cukupi Kebutuhan Lemak

Meski tidak boleh terlalu berlebihan, namun tubuh harus terpenuhi kebutuhan lemak secara tercukupi. Dengan mencukupi kebutuhan lemak dan nutrisi lain maka berat badan akan lebih cepat bertambah.

Sumber lemak sudah ada pada banyak makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti minyak sayur, kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi.

Selain lemak, perbanyak juga konsumsi karbohidrat untuk menambah energi dalam tubuh. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Anda bisa mendapatkan sumber kabohidrat yang banyak dari nasi, kentang, singkong, ubi, gandum, dan juga tepung.

5 dari 7 halaman

Mengonsumsi Susu

ilustrasi susu

©2019 Merdeka.com/Pixabay


Salah satu cara paling efektif dalam menggemukkan badan ialah mengonsumsi susu secara rutin. Jika tidak, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang menggunakan susu sebagai bahan dasar seperti yoghurt, puding, es krim, dan lain sebagainya.

Selain susu, Anda juga bisa rutin mengonsumsi madu. Anda bisa mengonsumsi madu khusus penggemuk badan yang biasanya diolah dengan ramuan herbal. Kandungan dalam madu penggemuk badan ini sangat terpercaya untuk menggemukkan badan secara alami tanpa berdampak pada gangguan kesehatan.

6 dari 7 halaman

Wajib Melakukan Sarapan

Bagi Anda yang sedang menjalani program mengemukkan badan, sebaiknya jika Anda tidak boleh melewatkan sarapan setiap pagi. Agar lebih simpel, Anda bisa mengonsumsi satu gelas jus buah dengan satu butir telur untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh. Tak hanya berpengaruh pada pertumbuhan berat badan, sarapan juga angat bermanfaat untuk ketahanan tubuh sepanjang hari.

Selain itu perlu diingat jika usahakan untuk mengunyak makanan sampai benar-benar halus. Makanan yang dikunyah dengan sempurna akan memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisinya.

7 dari 7 halaman

Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menambah berat badan. Hal ini dikarenakan secara tidak sadar, rokok menjadi pemicu menurunkan nafsu makan.

Selain rokok, hindari juga begadang agar kondisi kesehatan tidak memburuk. Parahnya, tak hanya bikin kurus, orang yang lebih sering begadang juga punya risiko lebih tinggi terkena penyakit ganas.


[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini