Cara Melindungi Diri dan Orang Lain Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 16 Oktober 2020 14:01 Reporter : Billy Adytya
Cara Melindungi Diri dan Orang Lain Selama Pandemi Covid-19 Ilustrasi mengenakan masker. ©Pexels/Ketut Subiyanto

Merdeka.com - Virus corona atau Covid-19 hingga saat ini masih menjadi pandemi sekaligus momok di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Maka, sangat penting dilakukan suatu tindakan guna mencegah penularan agar tak semakin merebak.

Saat ini, Pemerintah Indonesia mewajibkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah.

Wajib mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak atau 3M sangat membantu dalam menekan kemungkinan terjadinya penularan dari orang satu ke yang lain. Selain itu Anda juga perlu mengetahui beberapa langkah atau cara melindungi diri agar tidak terpapar virus covid-19.

Melansir dari situs resmi Covid19.go.id, berikut adalah beberapa cara yang harus dipahami serta diterapkan agar dapat melindungi diri dari paparan virus covid-19:

1. Tetap di rumah. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

2. Jika terpaksa keluar rumah karena kebutuhan penting, pakai masker kain, selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan orang di lain dan sering cuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan (alkohol minimal 60%).

3. Jangan kontak langsung dengan orang bergejala COVID-19. Lakukan komunikasi via telepon, chat atau video call.

4. Hindari kerumunan.

5. Jangan sentuh mata, hidung dan mulut yang merupakan pintu masuk virus.

6. Selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik! Sebelum makan dan menyiapkan makanan, setelah dari toilet, setelah memegang binatang dan sehabis berpergian.

7. Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu. Buang langsung tisu ke tempat sampah setelah digunakan dan segera cuci tangan pakai sabun.

8. Beritahu petugas kesehatan jika kamu mengalami gejala, pernah kontak erat dengan orang bergejala atau bepergian ke wilayah terjangkit COVID-19.

9. Jika petugas kesehatan menyatakan kamu harus isolasi diri, maka patuhi agar lekas sembuh dan tidak menulari orang lain.

10. Bersikaplah terbuka tentang statusmu pada orang lain di sekitar. Ini adalah bentuk nyata kepedulianmu pada diri sendiri dan sesama.

Sebagai makhluk sosial tentu kita juga harus saling menjaga keselamatan. Salah satunya adalah dengan melindungi diri dari orang lain, terlebih jika kita berpotensi menjadi orang berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala), berikut caranya:

1. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

2. Jaga jarak minimal 1 meter dengan siapapun disekitarmu.

3. Saat kamu batuk atau bersin: menjauh dan tutup mulut serta hidung kamu dengan tisu, saputangan atau lipatan siku. Segera buang tisu yang telah kamu pakai ke tempat sampah.

4. Kalau kamu demam, batuk atau tidak enak badan, pakai masker. Jangan lupa ikuti cara pakai masker yang benar.

5. Jika terpaksa beraktivitas di luar rumah, pakailah masker kain, jangan lupa cuci masker kain setiap hari.

6. Jangan pernah meludah sembarangan.

7. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

8. Segera hubungi call center 119 atau Rumah Sakit rujukan bila orang terdekatmu mengalami gejala COVID-19. [bil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini