Alur Adalah Rangkaian Peristiwa yang Menggerakkan, Kenali Macam & Unsurnya

Senin, 22 Februari 2021 10:52 Reporter : Kurnia Azizah
Alur Adalah Rangkaian Peristiwa yang Menggerakkan, Kenali Macam & Unsurnya Ilustrasi cerita. ©Shutterstock.com/Feng Yu

Merdeka.com - Alur adalah rangkaian cerita dari sebuah buku, film, atau drama. Alur menjadi pengiring ceritanya dan cara mengembangkan imajinasi yang disajikan. Melalui lika-liku kejutan dalam alur cerita, menjadi kekuatan terbesar dari film atau drama. Banyak yang menyebut alur adalah plot cerita.

Meski begitu, tak sedikit pula yang membedakan plot dengan alur. Karena tak ada narasi dan dialog yang dicantumkan dalam alur. Terdapat kronologis dalam alur yang menyusun jalannya cerita, baik alur maju, kilas balik atau gabungan keduanya.

Penuturan sebuah karya, baik yang berbasis fiksi maupun nonfiksi. Untaian naratif yang dialami oleh setiap karakter atau kumpulan karakter dalam sebuah karya fiksi. Alur akan membuat para penikmat cerita, ikut terbawa suasana memahami perjalanan emosi yang tertuang.

Memahami alur adalah rangkaian peristiwa yang menggerakkan ini, menjadi penting. Terutama bagi pelajar, atau Anda yang berkutat di pekerjaan seni. Imajinasi dan menuangkan emosi dengan susunan yang rapi, akan menciptakan sebuah karya yang indah.

Berikut pendalaman mengenai alur adalah peristiwa yang menggerakkan, beserta macam dan unsurnya.

Baca Selanjutnya: Alur Adalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini