7 Makanan Khas Indonesia yang Biasa Disajikan saat Natal

Jumat, 6 Desember 2019 16:38 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
7 Makanan Khas Indonesia yang Biasa Disajikan saat Natal Ilustrasi Natal. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Hari Raya Natal akan hadir kurang dari tiga minggu lagi. Natal merupakan perayaan istimewa bagi umat kristiani yang tentunya ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Natal biasanya identik dengan pohon natal yang dihias menggunakan pernak-pernik dan lampu. Suasana serta rutinitas yang dilakukan saat natal memang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Umat kristiani biasanya merayakan malam natal bersama keluarga dan orang-orang tercinta dengan makan malam bersama menikmati hidangan natal.

Berbicara soal hidangan natal, di Indonesia sendiri memiliki beberapa makanan tradisional yang biasanya disajikan dan menjadi santapan wajib saat natal. Berikut beberapa makanan tradisional dari beberapa daerah di Indonesia yang disajikan saat Natal di lansir dari Brilio :

1 dari 7 halaman

Kue Poporcis

foto: cookpad.com

Kue poporcis ini merupakan hidangan natal khas dari Ambon. Kue tradisional ini dibuat dari campuran labu kuning dan tepung terigu. Biasanya disanap untuk sarapan pada hari natal.

2 dari 7 halaman

Kue Bagea

Di daerah Ternate Maluku Utara, kue bagea ini merupakan kuliner wajib yang harus ada di hari natal. Kue ini berbentuk bulat dan terbuat dari sagu yang dicampur dengan gula halus, tepung sagu, minyak sayur, biji cintang, kayu manis, dan cengkeh.

3 dari 7 halaman

Lapet

foto: cookpad.com

Lapet merupakan makanan tradisional yang berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Kue ini memang disajikan diberbagai perayaan termasuk natal. Kue ini terbuat dari tepung beras dengan campuran kelapa parut dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang.

4 dari 7 halaman

Klapertart

foto: justtryandtaste.com

Klapertart merupakan hidangan manis khas Natal dari daerah Manado. Kue legit yang terbuat dari kelapa, susu, mentega, tepung terigu dan telur ini bisanya dijadikan makanan penutup setelah makan besar

5 dari 7 halaman

Ikan Kuah Kuning

foto: itjeher.com

Makanan khas Ambon ini biasanya selalu disajikan saat hari Natal. umumnya terbuat dari ikan tuna dan ikan muba yang kemudian dimasak dengan kunyit, kapur dan rempah-rempah lainnya dan dimakan bersama papeda.

6 dari 7 halaman

Ayam Budu-Budu

foto: gurumassak.com

Makanan khas Natal dari Makassar ini berbahan dasar dari ayam yang dimasak dengan air jeruk nipis, air asam jawa, daun bawang dan juga jahe.

7 dari 7 halaman

Ayam Rica-Rica

foto: resepcaramemasak.info

Meski ayam rica-rica termasuk hidangan yang umum ditemui, namun ternyata di Manado Sulawesi Utara ayam rica-rica merupakan kuliner tradisional yang pasti disajikan saat natal. Kata rica sendiri yang mempunyai arti pedas atau cabai berasal dari bahasa Manado.

[khu]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini