5 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan, Bikin Fungsi Otak Bertambah

Senin, 9 Desember 2019 18:32 Reporter : Billy Adytya
5 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan, Bikin Fungsi Otak Bertambah ilustrasi bawang merah dan bawang putih. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Bawang merah selama ini kerap dijadikan sebagai penyedap bumbu masakan ataupun buat bahan tambahan membuat sambal. Ternyata ada loh manfaat bawang merah bagi kesehatan, apa saja?

Bawang merah ini memiliki warna mulai dari cokelat keemasan sampai kemerahan. Bawang merah ini karena sudah dibudidayakan selama ribuan tahun lamanya, sering disebutkan di beberapa literatur dan juga sejarah Yunani.

Bawang ini juga sangat populer karena kegunaannya yang bervariasi. Bawang merah ini dapat dijadikan menjadi acar. Tak hanya itu, bawang merah juga sering digunakan dalam masakan Prancis dan Asia Selatan.

Rasanya yang khas membuatnya banyak dijadikan sebagai bahan penyedap makanan dan masakan, termasuk di Indonesia. Namun, tahukah Anda? Bawang merah ternyata memiliki manfaat yang sangat kaya dan penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Bawang merah ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat menakjubkan, ini sangat membantu proses pencernaan, dapat mengontrol diabetes, meningkatkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi.

Berikut Merdeka.com sudah merangkum manfaat bawang merah bagi kesehatan untuk Anda:

1 dari 5 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

otak rev1

Bawang merah ternyata memiliki manfaat yang dapat meningkatkan fungsi otak karena gamma-aminobutyric yang terkandung dalam bawang merah adalah neurotransmitter sehingga dapat berdampak langsung pada relaksasi otak Anda.

Bawang merah juga mengandung berbagai mineral dan vitamin, termasuk piridoksin yang dapat menenangkan saraf Anda dan juga mengurangi stres.

2 dari 5 halaman

Mengurangi Tekanan Darah

darah rev1

Bawang merah dapat mengurangi tekanan darah Anda karena mengandung potasium dan juga allicin. Keduanya berkombinasi sehingga dapat berperan sebgai vasodilator, ini akan meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh secara langsung berdampak pada tingkat tekanan darah tinggi. Potasium membantu relaksasi dinding pada pembuluh darah Anda.

3 dari 5 halaman

Mengontrol Diabetes

Kandungan allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia dalam bawang merah ini memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini akan membantu tubuh Anda dalam mengatur kadar gula darah Anda. Sehingga bawang merah ini dapat memiliki manfaat sebagai pengontrol diabetes jika Anda adalah seorang penderita.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

jantung

Manfaat lainnya dari bawang merah adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena bawang merah kaya akan allicin, dengan begitu akan membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda karena kadar kolesterol dalam tubuh akan merendah, itu akan membuat dan membantu tubuh mencegah munculnya aterosklerosis, serangan jantung, penyakit jantung koroner dan juga stroke.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi, kalium dan tembaga di dalam bawang merah akan membantu merangsang produksi sel darah merah ketika dikonsumsi. Hal ini juga dapat membantu tubuh Anda dalam memperlancar sirkulasi darah. Transportasi oksigen ke area-area penting tubuh juga akan berjalan lancar. Tak hanya itu bawang merah juga mampu meningkatkan energi dan meningkatkan pertumbuhan sel.

Itu tadi merupakan rangkuman manfaat bawang merah bagi kesehatan yang ternyata tidak hanya mampu meningkatkan fungsi otak, namun memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh Anda, semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini