Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

14 Manfaat Air Sereh untuk Kesehatan, Perbaiki Kondisi Tubuh hingga Meredakan Cemas

14 Manfaat Air Sereh untuk Kesehatan, Perbaiki Kondisi Tubuh hingga Meredakan Cemas Ilustrasi wedang serai. © Food NDTV

Merdeka.com - Sereh merupakan tanaman herbal yang berasal dari Sri Lanka dan India Selatan, tapi sekarang tumbuh di banyak negara di seluruh dunia. Umumnya batang putih pada sereh digunakan dalam masakan Asia. Tak jarang yang menjadikannya sebagai minuman, baik direbus bersama jahe, teh, kunyit dan masih banyak lagi.

Tanaman ini memiliki daun panjang yang mirip dengan lamun dan sangat mudah tumbuh. Diperkirakan ada 55 spesies sereh, namun hanya varietas India Timur dan India Barat yang cocok digunakan dalam memasak. Beberapa peneliti tertarik pada manfaat air sereh untuk kesehatan, hingga tercetus beragam studi baru.

Sereh memiliki aroma perpaduan lemon segar dan rasa jeruk. Selain baik untuk kesehatan, sereh juga kerap dimanfaatkan untuk bahan pengusir serangga alami, menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Sejak lama air sereh dipercaya sebagai obat tradisional untuk membantu tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara termudah untuk mengonsumsinya ialah dengan minum teh sereh.

Berikut ini beberapa manfaat air sereh untuk kesehatan, yang mampu memperbaiki kondisi tubuh hingga meredakan kecemasan.

1. Meredakan Kecemasan

Banyak orang merasa meneguk secangkir teh panas bisa membuat rileks. Tapi dengan air sereh mungkin menawarkan khasiat lebih untuk meredakan kecemasan.

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSKCC), mencium aroma sereh bisa membantu penderita rasa cemas. Sudah banyak orang yang mengaku tenang dengan menghirup minyak esensial sereh, untuk meredakan stres dan kecemasan. Tapi peneliti masih membutuhkan lebih banyak bukti untuk bisa mengonfirmasi manfaat ini.

2. Memiliki Sifat Antioksidan

serai

©Shutterstock

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Agriculture and Food Chemistry, sereh mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan penting adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu melawan penyakit dan mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

3. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah artikel dari National Institutes of Health (NIH), mengonsumsi air sereh ternyata dapat menurunkan kolesterol pada hewan. Studi tersebut mencatat bahwa reaksinya tergantung pada dosis. Ini berarti bahwa jumlah sereh yang lebih besar dapat menurunkan kolesterol lebih jauh.

4. Memiliki Sifat Antimikroba

Manfaat air sereh dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikroba yang dimilikinya. Menurut studi yang dipublikasikan oleh NIH, minyak esensial dari air sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Penelitian lebih lanjut menemukan minyak sereh dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur secara in vitro.

5. Mencegah infeksi

Menurut MSKCC, hasil studi menunjukkan bahwa sereh memiliki beberapa kemampuan mencegah infeksi. Manfaat air sereh tampaknya mengurangi timbulnya sariawan serta infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV.

002 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham

6. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Peradangan dianggap berperan dalam banyak kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Sereh mengandung senyawa pelawan peradangan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Dilansir dari Healthline, dua senyawa utama dalam sereh, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-inflamasi. Senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu di tubuh. Sehingga Anda bisa mulai mengonsumsi air sereh untuk mendapat manfaat luar biasa ini.

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut

003 febrianti diah kusumaningrum

Shutterstock/Robert Kneschke

Di banyak negara, orang akan mengambil batang sereh dan mengunyahnya sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga kebersihan mulut. Menurut penelitian dari Science Direct mengonfirmasi temuan ini.

Para penulis melihat 12 tumbuhan dan menemukan bahwa ekstrak herbal sereh adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri yang paling kuat dalam sampel laboratorium. Mereka menggunakan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang di mulut, termasuk Streptococcus sanguinis.

8. Meredakan Nyeri

Melansir dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat air sereh mungkin bisa memblokir rasa sakit. Artinya, meminum air sereh berpotensi membantu mencegah seseorang merasakan sakit nyeri di tubuh.

serai

©Shutterstock

9. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat air sereh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang manjur melawan beberapa jalur sel kanker. Ini terjadi dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan. Sehingga tubuh Anda lebih bisa melawan kanker dengan sendirinya.

Air sereh terkadang digunakan sebagai terapi adjuvan selama kemoterapi dan radiasi. Tapi ini sebaiknya digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Air sereh merupakan obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh NIH, menunjukkan bahwa air sereh efektif melawan tukak lambung.

Penelitian menemukan bahwa minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

11. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

ilustrasi sel darah

©2012 Merdeka.com/shutterstock/fusebulb

Berdasarkan riset tahun 2015, menunjukkan bahwa meminum air sereh setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel padat, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti mengambil tes darah dari 105 subjek manusia pada awalnya, dan kemudian pada 10 dan 30 hari dalam penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh sereh meningkatkan pembentukan sel darah merah.

12. Sebagai diuretik

Dalam dunia kesehatan alami, sereh dikenal sebagai diuretik. Diuretik membuat Anda lebih sering buang air kecil, membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Diuretik sering diresepkan jika mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema.

Sebuah studi terbitan Research Gate, mengevaluasi efek teh sereh pada tikus menunjukkan aktivitas diuretik yang mirip dengan teh hijau. Tanpa menyebabkan kerusakan organ atau efek samping lainnya.

serai

© Food NDTV

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat air sereh digunakan sebagai teh detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Secara umum, mengganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dengan teh herbal, seperti sereh dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.

Namun, Anda tidak boleh minum teh sereh secara eksklusif. Ini dapat meningkatkan risiko efek samping.

14. Membantu Meringankan Gejala PMS

Air sereh digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Tidak ada penelitian khusus tentang sereh dan PMS, tetapi, secara teori, khasiatnya yang menenangkan perut dan anti-inflamasi dapat membantu.

Selain itu, menurut artikel yang diterbitkan NIH, minyak sereh bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh.

(mdk/kur)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Rebusan Air Serai, Detoksifikasi hingga Meredakan Perut Kembung
Manfaat Rebusan Air Serai, Detoksifikasi hingga Meredakan Perut Kembung

Serai memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
8 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Mulai Bangun Hingga Tidur Malam
8 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Mulai Bangun Hingga Tidur Malam

Minum air putih merupakan hal penting bagi kesehatan kita. Terdapat sejumlah waktu ketika minum air bisa sangat bermanfaat.

Baca Selengkapnya
5 Cara Membuat Air Jahe yang Enak dan Sehat, Mudah Dibuat Anti Ribet
5 Cara Membuat Air Jahe yang Enak dan Sehat, Mudah Dibuat Anti Ribet

Air jahe adalah minuman yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Cara Ini Bisa Bantu Agar Cepat Tidur, Salah Satunya Mandi Air Hangat
5 Cara Ini Bisa Bantu Agar Cepat Tidur, Salah Satunya Mandi Air Hangat

Ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh individu yang mengalami kesulitan tidur untuk membantu mereka meraih tidur dengan cepat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak manfaat daun sirih cina untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

Baca Selengkapnya
Bukan Hanya Segar, Air Kelapa Juga Diklaim Mampu Turunkan Darah Tinggi
Bukan Hanya Segar, Air Kelapa Juga Diklaim Mampu Turunkan Darah Tinggi

Kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah kemampuannya menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut adalah penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Suka Minum Air Putih? Ketahui Manfaat Baiknya Bagi Kesehatan
Suka Minum Air Putih? Ketahui Manfaat Baiknya Bagi Kesehatan

Air putih sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan memastikan organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Baca Selengkapnya
Cara Buat Air Rebusan 3 Daun untuk Redakan Asam Lambung Naik, Mudah Dijumpai di Sekitar Rumah
Cara Buat Air Rebusan 3 Daun untuk Redakan Asam Lambung Naik, Mudah Dijumpai di Sekitar Rumah

Ditemukan bahwa gejala asam lambung yang kambuh dapat diredakan dengan menggunakan campuran herbal dari air rebusan tiga jenis daun.

Baca Selengkapnya
12 Manfaat Sereh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bantu Detoks Tubuh
12 Manfaat Sereh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bantu Detoks Tubuh

Sereh menjadi salah satu tanaman herbal yang mendukung kesehatan secara holistik.

Baca Selengkapnya