10 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat dan Aman, dari Alami hingga Obat

Selasa, 17 Agustus 2021 10:35 Reporter : Kurnia Azizah
10 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat dan Aman, dari Alami hingga Obat Ilustrasi cara menghilangkan komedo. ©Shutterstock

Merdeka.com - Komedo adalah bentuk jerawat yang paling umum muncul di sekitar hidung. Meskipun orang yang memiliki kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo, siapa saja bisa mengalami.

Komedo terbentuk saat pori-pori tersumbat dengan kombinasi sel kulit mati serta sebum atau minyak berlebih dari kelenjar Anda. Selain berwarna putih, ada pula yang berwarna gelap akibat terjadinya oksidasi.

Tak sedikit yang memilih cara menghilangkan komedo dengan pinset atau memencet untuk memaksanya keluar. Sayangnya ini termasuk berbahaya dan dapat menyebabkan jaringan parut, yang susah dihilangkan. Bahkan tak jarang menimbulkan bopeng.

Kini banyak produk yang dijual bebas dan mengandung bahan-bahan yang efektif untuk menghilangkan komedo dan melembutkan. Baik yang secara instan, maupun berproses.

Cara menghilangkan komedo menjadi langkah awal dalam mengecilkan pori-pori. Banyak wanita yang mengeluhkan pori-pori besar akan merusak penampilan dan mengganggu make up. Sebaiknya hilangkan dulu komedonya bila Anda hendak melakukan perawatan pengecilan pori-pori.

Berikut ini cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat dan aman, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (17/8).

2 dari 4 halaman

Bersihkan dengan Salicylic Acid

di hidung
©2017 lifetimestyles.com

Alih-alih benzoil peroksida, pilihlah pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Asam salisilat ini bisa menghilangkan komedo dengan cara memecah bahan yang menyumbat pori-pori. Di antaranya minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran usai beraktivitas.

Meskipun Anda masih perlu mencuci muka dua kali sehari, cobalah menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat. Cukup digunakan sekali sehari untuk memulai.

Bisa dipertimbangkan untuk menggunakannya di malam hari saja dan pembersih biasa pada pagi hari. Saat kulit sudah terbiasa, bisa digunakan dua kalis sehari.

Dilansir dari Healthline, bahan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering. Sedangkan untuk pemilik kulit yang sensitif terhadap salicylic acid, mungkin hanya menggunakan beberapa hari sekali. Tapi jika terus bereaksi, hentikan penggunaan.

Eksfoliasi

Gunakan scrub alami atau kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit perlu dilakukan dalam perawatan cara menghilangkan komedo di rumah.
Scrub akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Fokuslah dengan menggosok ringan di area yang dipenuhi komedo. Lakukan eksfoliasi minimal seminggu sekali.

Jaga Kebersihan Kulit

Setiap kali keluar rumah, tentu kulit akan menarik kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori. Lantas meningkatkan kemungkinan komedo.

Ditambah lagi pemakaian riasan, memiliki efek yang sama pada kulit. Jika tak dibersihkan sepenuhnya, bisa menyebabkan komedo, bahkan jerawat.

Selalu ingat untuk menghapus riasan dan mencuci muka, sebagai cara menghilangkan komedo yang mudah. Secara perlahan komedo tidak lagi muncul.

3 dari 4 halaman

Eksfoliasi Lembut dengan AHA dan BHA

002 tantri setyorini
© Istimewa

Eksfoliasi secara teratur dapat membantu menghilangkan jumlah sel kulit mati yang berlebihan penyebab pori-pori tersumbat. Cara ini juga mampu dengan lembut menghilangkan komedo yang ada.

Daripada mencari scrub yang keras, Anda bisa mengalihkan dengan memilih produk yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA).

Secara teori, kedua bahan tersebut dapat memperbaiki munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, sambil membersihkan pori-pori. Sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Pilih Alat Pembersih Wajah yang Tepat

Sikat kulit dapat memberikan pori-pori secara maksimal. Dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang berlebihan, secara perlahan komedo ikut terangkat.

Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sepatutnya tidak menggunakan terlalu sering atau menghindarinya.

Gunakan Clay Masks

Clay masks atau masker tanah liat membantu mengeluarkan minyak dan kotoran dari kulit. Masker ini cocok bagi Anda pemilik kulit berminyak.

Sejumlah produk clay mask juga mengandung belerang seperti sulfur. Sulfur ini adalah bahan lain yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang membentuk komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan langkah ini, cukup seminggu sekali sebagai tambahan perawatan eksfoliasi.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Komedo di Rumah yang Sederhana

Komedo bisa diminimalisir bahkan dihilangkan dengan penggunaan bahan yang tepat. Berikut ini cara menghilangkan komedo secara alami dan pengobatan rumahan, dilansir dari Femina.in:

1. Soda Kue

Soda kue termasuk eksfoliator alami. Buatlah pasta menggunakan baking soda dan air. Lalu oleskan pada area yang berkomedo.

Gunakan jari untuk menggosok kulit dengan lembut selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air. Cara menghilangkan komedo ini dilakukan dua kali seminggu.

2. Ramuan Lemon, Garam dan Madu

Buatlah masker alami sendiri di rumah menggunakan perasan lemon, garam, dan madu. Kandungan astringen dari lemon akan memotong minyak atau lemak yang menumpuk.

Sedangkan butiran halus garam akan bertindak sebagai scrub non-abrasif untuk kulit. Selanjutnya madu akan membuat kulit Anda lembab dan membantu melawan kuman.

- Buat pasta dengan ketiga bahan ini dan oleskan pada area berkomedo. Diamkan selama 5 menit.

- Setelah 5 menit, gosok perlahan dengan gerakan memutar selama satu menit.

- Dibiarkan lagi selama lima menit. Cuci bersih dengan air hangat. Lakukan ini tiga kali seminggu.

ilustrasi komedo
©shutterstock.com/CHATCWORLD

3. Masker Putih Telur

Putih telur terkenal karena kemampuannya mengencangkan kulit. Ini juga menjadi bahan yang efektif untuk menghilangkan komedo.

Saat dioleskan langsung pada kulit atau sebagai masker, putih telur mengecilkan pori-pori. Bahkan memaksa komedo keluar.

Putih telur yang kaya nutrisi akan memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan minyak berlebih.

4. Masker Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan A, serta memiliki sifat mencerahkan kulit. Selain itu, tomat bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Ini sangat baik untuk orang-orang dengan kulit berminyak. Karena kemampuannya membersihkan lemak atau minyak ekstra di kulit.

- Potong beberapa irisan bulat dari tomat atau dihaluskan.

- Gosokkan irisan tomat pada kulit, dengan fokus pada area yang dipenuhi komedo.

- Cara alternatif lain, Anda bisa mengoleskan bubur tomat pada kulit dan tunggu sampai mengering. Lalu bilas.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini