Rona Matahari Terbenam di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Kamis, 1 April 2021 13:00 Reporter : Ibrahim Hasan
Rona Matahari Terbenam di Pantai Ngrumput Gunung Kidul Pesona Keindahan Matahari Terbenam Pantai Ngrumput di Gunung Kidul. ©2021 Merdeka.com/Fata Imad

Merdeka.com - Gunung Kidul tak pernah berhenti menyuguhkan pesona alamnya. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, menjadikannya selalu memiliki pantai yang menawan. Tak jarang orang menyebutnya sebagai Kota 1001 pantai. Salah satu pantai terbaik pilihan wisatawan adalah pantai Ngrumput di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini menyimpan keunikan tersendiri. Langitnya yang biru cerah membuatnya seolah menyatu dengan birunya laut. Sore hari menjadi momen terbaik menikmati pantai Ngrumput. Guratan cahaya matahari berwarna merah kekuningan, berpadu dengan birunya langit dan lautan. Sebuah kenikmatan yang tidak bisa dilewatkan bagi para pecandu senja.

Keindahan sunset di pantai Ngrumput selalu memanjakan mata. Pesonanya selalu memanjakan wisatawan seusai penat akan kesibukan.

pesona keindahan matahari terbenam pantai ngrumput di gunung kidul

Menikmati matahari terbenam di Pantai Ngrumput©2021 Merdeka.com/Fata Imad

Sore yang cerah, birunya langit dan laut menandakan pantai ini terbilang alami. Tidak ada aktivitas perahu nelayan di sana. Berbeda dengan sentra nelayan, pantai ini terbebas dari bau amis ikan. Dari kejauhan hanya terlihat satu nelayan kecil yang mencari penghidupan. Kesejukan angin laut akan kamu rasakan saat berada di pantai Ngrumput.

Dibalut mega merah yang meredup, nuansa sunset tepi pantai semakin eksotis. Ronanya menyinari seluruh sudut pantai. Sebuah momen yang patut kamu abadikan dengan jepretan kameramu.

Sore hari waktu spesial di pantai Ngrumput, karena bertepatan dengan laut surut. Kamu bisa lebih leluasa menyusuri pantai Ngrumput. Saat surut, kamu akan melihat hamparan karang yang ditumbuhi rumput laut hijau. Tak hanya itu, biota laut juga bisa kamu lihat. Ikan kecil, kerang, kepiting, bahkan bintang laut bisa kamu temui.

pesona keindahan matahari terbenam pantai ngrumput di gunung kidul

Nuansa pantai Ngrumput yang asri nan alami ©2021 Merdeka.com/Fata Imad

Malampun tiba, kamu tak perlu khawatir. Pantai ngrumput juga menyediakan penyewaan tenda. Menikmati sunset dengan nuansa pantai Ngrumput di malam hari, tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bermalam di pantai ditemani deburan ombak menjadi momen yang mengasyikkan.

Deburan ombak yang menghantam bukit karst menimbulkan nuansa yang khas. Kuatnya ombak Samudera Hindia ini menciptakan gugusan pantai dengan pasir putih dan lembut. Pasirnya yang putih bersih selalu memikat wisatawan untuk menyentuhnya. Kebersihan di pantai ini berkat kerjasama yang baik dari wisatawan dan pengelola.

pesona keindahan matahari terbenam pantai ngrumput di gunung kidul

Kegiatan nelayan menjaring ikan sore hari ©2021 Merdeka.com/Fata Imad

Untuk menikmati pesona pantai Ngrumput, kamu harus berjalan kaki dari tempat parkir. Akses terpencil membuat pantai ini bak keindahan yang tersembunyi. Jalan setapak sedikit berbukit akan menemani perjalananmu. Hanya 15 menit berjalan, kamu akan disuguhkan panorama pantai di tepi Samudera Hindia.

Pantai Ngrumput diapit dua bukit karst yang kokoh. Salah satunya ialah bukit Kosakora berada di timur pantai. Bukit ini juga punya panorama tersendiri. Dari atas bukit kamu bisa melihat pantai Ngrumput, Pantai Watu Bolong, bahkan Pantai Drini. Kamu bisa menuju bukit ini dengan 15 menit perjalanan menanjak.

pesona keindahan matahari terbenam pantai ngrumput di gunung kidul

Keindahan sunset pantai Ngrumput bagi penikmat senja ©2021 Merdeka.com/Fata Imad

Pantai Ngrumput berjarak 65 km dari pusat kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk masuk ke pantai, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 10 ribu. Tarif parkir sepeda motor Rp 3 ribu dan untuk mobil Rp 5 ribu saja. Toilet, tempat makan, musala menjadi fasilitas pelengkap.

Jika kamu ingin bermalam, pastikan kamu punya bekal yang memadahi. Logistik, pakaian tebal, hingga peralatan medis ringan patut kamu persiapkan. Jika belum punya tenda, kamu bisa menyewanya di deretan warung milik warga. Hanya dengan Rp 80 ribu kamu bisa merasakan indahnya bermalam di pantai Ngrumput.

Pantai tersembunyi ini selalu menunjukkan pesonanya. Menikmati matahari terbenam, hingga menikmati indahnya malam tepi pantai. Menjadikan momen special yang pantas kamu coba saat berada di pantai Ngrumput. [Ibr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini