Kesejukan Coban Talun, Air Terjun Menawan di Kota Batu Malang

Senin, 3 Mei 2021 16:30 Reporter : Ibrahim Hasan
Kesejukan Coban Talun, Air Terjun Menawan di Kota Batu Malang Kesejukan Coban Talun. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Merdeka.com - Saat berada di Malang, tak lengkap rasanya mengunjungi destinasi wisata alamnya. Malang tak hanya sekedar wisata buatan seperti Jatim Park, Museum Angkut, dan Batu Secret Zoo saja. Masih di Kota Batu, terdapat wisata alam yang tak kalah memanjakan mata. Air Terjun Coban Talun, melengkapi pesona alam Kota Batu Malang. Air Terjun ini berlokasi di Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Gemuruh air terdengar di seluruh sudut tebing. Gemricik cipratan airnya mampu menghasilkan kesejukan udara. Tebing tinggi menjulang didominasi dengan vegetasi yang memanjakan mata. Berada di ketinggian 950 mdpl tentu saja membuat Coban Talun sangat sejuk. Tak jarang, Coban Talun menjadi destinasi favorit arek Malang Raya. Kamu pun bisa merasakan kesejukan dan keindahan Coban Talun untuk mengobati rasa penasaran.

Keberadaan Coban Talun bisa menjadi alternatif wisata yang jauh dari perkotaan. Melepas penat dan menghilangkan hiruk pikuk kota. Bisa dengan mengunjungi keindahan Coban Talun di Batu, Malang.

kesejukan coban talun

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Spot terbaik menikmati panorama Coban Talun berada di bebatuan depan jatuhnya air terjun. Derasnya air terjun menjadi larangan bermain air bawahnya. Setidaknya 5 hingga 10 meter dari jatuhnya air. Jarak tersebut aman untuk menikmati Coban Talun dengan aman. Bebatuan besar mendominasi dasar air terjun Coban Talun. Menambah perjuangan mendekati air terjun. Air Terjun 30 meter menjulang ke atas tebing. Benar panorama yang memanjakan mata.

Coban Talun berada di dalam lebatnya hutan. Curah hujan di daerah ini sekitar 1800mm/tahun. Pohon paku khas daerah lembap tumbuh subur. Begitupula lumut yang tumbuh hampir di setiap bebatuan. Suasana Coban Talun yang asri akan membuat siapa saja betah dibuatnya. Keteduhan dan kesejukannya patut dijadikan referensi pelepas penat jauh dari perkotaan. Jangan lupa abadikan momen berharga di Coban Talun pada galeri fotomu.

kesejukan coban talun

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Rindangnya pepohonan seolah menyembunyikan keindahan Coban Talun. Semak belukar tak kalah menghambat langkah perjalanan menuju Coban Talun. Tak hanya air terjun, kompleks wisata OYOT atau Objek Wisata Coban Talun juga menyediakan wahana terbaiknya. Spot foto sengaja dibuat untuk menarik perhatian wisatawan.

Pada kompleks OYOT, kamu akan menemui hamparan bunga yang memesona. Berbagai jenis bunga tumbuh dengan subur. Mulai dari bunga krisan, lily, dandelion, hingga kecombrang mengisi tiap sudut taman. Berbagai bunga tersebut merupakan bunga khas dataran tinggi. Kamu bisa mengabadikan keindahannya dengan berfoto berlatar bunga.

Tak hanya itu, aneka spot foto juga telah disediakan untuk membuat wisatawan semakin betah. Terdapat rumah berbentuk tenda mengkerucut khas suku Apache Amerika. Tak hanya sebagai spot foto, Apache Camp juga bisa disewa dan dijadikan untuk menginap. Alternatif lain juga terdapat Rumah Pagupon, dengan desain yang lebih modern namun minimalis. Semua objek tersebut bisa kamu jadikan spot foto saat berada di Coban Talun.

kesejukan coban talun

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Dari parkiran kamu harus menempuh perjalanan dengan medan yang bervariasi. Setidaknya 15 menit perjalanan yang harus kamu lalui. Jalur setapak sepanjang kurang lebih satu kilometer tidak menjadi halangan para wisatawan. Terik matahari tak berasa panas berkat rimbunan pepohonan. Perjalanan menuju Coban Talun menjadi lebih mengasyikkan.

Jalan setapak tak sepenuhnya mulus dan di beton. Jalan setapak tanah dan berbatu wajib kamu lewati. Tak jarang, alas kaki jadi bulan-bulanan tanah berlumpur di tepian air terjun.Beberapa lokasi mengharuskanmu untuk menyeberang jembatan kayu.

Dari kejauhan nampak air terjun Coban Talun dibalik semak dan pepohonan. Aliran Sungai Brantas juga harus kamu lalui saat menuju Coban Talun. Setelah 15 menit berjalan, jalan berbatu yang licin menandakan kamu telah sampai di Coban Talun. Aliran dan cipratan air membasahi bebatuan mengharuskanmu hati-hati melangkahkan kaki.

kesejukan coban talun

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Air terjun ini berjarak 30 km dari Pusat Kota Malang. Kamu bisa berkendara dengan menempuh setidaknya lebih dari satu jam perjalanan. Sedangkan dari Alun-Alun Kota Batu, hanya butuh waktu 20 menit saja. Dikelilingi gunung dan pegunungan membuat nuansa Kota Malang jadi sejuk menyenangkan.

Hanya perlu merogoh Rp 10 ribu kamu bisa merasakan sensasi kesejukan Coban Talun. Jika ingin berlama-lama, kamu bisa menjajal menginap di Apache Camp maupun Rumah Pagupon. Siapkan harga mulai dari Rp 300 hingga Rp 400 ribu untuk menjajal sejuknya malam di kompleks Air Terjun Coban Talun. [Ibr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini