Tiongkok Dikabarkan Capai Persetujuan Terkait Pajak Impor ke AS

Jumat, 13 Desember 2019 15:57 Reporter : Indra Cahya
Tiongkok Dikabarkan Capai Persetujuan Terkait Pajak Impor ke AS iPhone 11 Pro. ©2019 twitter.com/MKBHD

Merdeka.com - Pemerintah AS baru saja menerapkan pajak impor untuk barang yang masuk dari Tiongkok. Hal ini tentu isu yang besar untuk Apple, yang hampir semua produknya diproduksi di negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun ketika peraturan tersebut bahkan belum dicanangkan, Tiongkok disebut telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah AS.

Pasalnya berdasarkan laporan Reuters yang mengutip sumber terpercaya, saat ini Ameika Serikat telah mencapai kesepakatan dengan Tiongkok, dan keduanya kini di fase pertama untuk melakukan penurunan eskalasi perang dagang.

Sebelumnya, Apple yang akan terkena 15 persen pajak impor mulai 15 Desember ini, kemungkinan pada akhirnya tak lagi kena pajak.

Hal ini sangat penting karena 40 persen pengiriman smartphone global tetap dilakukan dari AS, yang dengan kata lain perangkat sebanyak itu harus masuk ke tanah AS dulu.

Sebelumnya memang asisten Menteri Perdagangan Tiongkok Ren Hongbin menyebut bahwa kedua negara ini sedang bernegosiasi, di mana AS berharap Tiongkok bisa membeli produk agrikultur dari AS, dan menerapkan kebijakan super ketat soal hak kekayaan intelektual.

AS sendiri memang kerap menuduh Tiongkok melanggar hak cipta untuk berbagai produk asli Amerika, dan melakukan tindakan mata-mata ke pemerintah AS melalui produk seperti Huawei dan ZTE.

Baca Selanjutnya: Jika Tetap Kena Pajak Pemasukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini