Terbaik dari Apple, 10 Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8

Rabu, 5 Juli 2017 01:01 Reporter : Indra Cahya
Terbaik dari Apple, 10 Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8 Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahun ini adalah ulang tahun ke 10 dari iPhone. Tak berlebihan jika para Apple fanboy berharap lebih pada edisi spesial iPhone yang digadang-gadang bernama iPhone 8, untuk jadi lebih revolusioner dalam hal desain, fitur dan performa.

Saat ini masih 3 bulan menuju September, bulan di mana Apple biasanya merilis iPhone baru. Namun salah satu analis terakurat, Ming-Chi Kuo dari KGI Securities, telah memberikan prediksinya soal rencana Apple dalam perilisan iPhone 8.

Berikut beberapa analisis dari Kuo.

2 dari 8 halaman

Tiga model iPhone terbaru

iphone terbaru rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Digadang-gadang akan ada tiga buah model iPhone yang dirilis Apple pada September mendatang. Model pertama adalah model terbaru dengan desain juga terbaru, serta mengusung layar OLED. Perangkat inilah yang digadang-gadang merupakan iPhone 8.

Selain itu, akan ada dua perangkat lagi yang mengusung layar LCD, yang merupakan upgrade dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus model. Jika disesuaikan dengan tradisi, maka penamaannya akan sama dengan sebelumnya, iPhone 7S dan iPhone 7S Plus.

3 dari 8 halaman

iPhone 8 akan mengusung desain full-screen

akan mengusung desain full screen rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

iPhone 8 diprediksi akan jadi smartphone dengan rasio layar ke bodi paling besar di antara semua smartphone yang tersedia secara global. Konsep ini ada berkat layar yang secara harfiah memenuhi bagian depan perangkat, hanya terpotong di speaker, kamera depan dan sensor.

4 dari 8 halaman

Tak ada fingerprint scanner

fingerprint scanner rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

iPhone 8 telah lama dirumorkan untuk memiliki fingerprint scanner yang tersemat di bawah layarnya. Hal ini membuat pengguna bisa memindai sidik jari hanya dari layar. Namun ternyata Kuo memprediksi fitur ini tak akan ada. Bahkan, iPhone 8 tak akan mengusung fingerprint scanner sama sekali.

Hal ini dikarenakan panel OLED tak akan cocok dengan panel fingerprint kapasitif yang ada sekarang, dan pemindaian yang 'menembus' layar masih sangat sulit direalisasikan dengan panel yang ada saat ini.

5 dari 8 halaman

3D sensing

rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Mengingat tidak adanya fingerprint scanner yang tersemat di iPhone 8, sebagai gantinya, Apple memberikan pemindai wajah untuk soal keamanan. Fitur ini bernama 3D sensing dan akan bekerja layaknya pemindai wajah yang ada di Samsung S8 dan Note 7.

Sekain itu, karena kebutuhan pemindai wajah ini, kamera depan akan lebih baik lagi.

6 dari 8 halaman

Kapasitas RAM dan storage

dan storage rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Tiga model yang dirilis September nanti, akan mengalami upgrade di sektor RAM. iPhone 8 akan mengusung RAM 3GB, sementara iPhone 7s dan 7s Plus akan mengusung RAM 2GB.

Ini pertama kalinya 3GB RAM ada di perangkat iPhone. Hal ini mungkin dikarenakan software kamera yang akan lebih kompleks di iPhone 8.

Selain itu, soal storage, ketiga model ini akan hadir dalam dua pilihan saja, yakni 64 GB dan juga 256 GB.

7 dari 8 halaman

Port Lightning dan juga pilihan warna

dan juga pilihan warna rev1Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

Rumor iPhone 8 yang akan 'menukar' port standar mereka yakni Lighting, jadi USB-C, ternyata diprediksi tak akan terjadi. Apple digadang-gadang akan mempertahankan lighting port di iPhone 8.

Selain itu, bagi Anda yang suka iPhone dengan berbagai macam warna original, hal ini tak akan ada di iPhone 8. Hal ini dikarenakan Apple akan mengusung konsep 'boutique model' untuk iPhone 8, dan hanya akan ada sedikit warna.

8 dari 8 halaman

Ketersediaan

terbaik dari apple, 10 prediksi dan analisis canggihnya iphone 8Prediksi dan analisis canggihnya iPhone 8. ©2017 Merdeka.com

iPhone 8 dan dua model iPhone 7s memang diumumkan September. Namun khusus untuk iPhone 8, ketersediaannya akan mundur bahkan hingga akhir tahun. Hal ini dikarenakan ketersediaan hardware dan beberapa aspek lain. Selain itu, iPhone 8 juga akan jadi perangkat 'limited edition.'

Ketiga model ini diprediksi akan terjual sebanyak 80 hinga 85 juta perangkat. [idc]

Baca juga:
Rilis akhir Agustus, Galaxy Note 8 'tackling' iPhone 8
Intip cara canggih Apple perbaiki kerusakan parah iPhone
Bocoran terbaru ini perlihatkan bentuk depan dan belakang iPhone 8
Pusat riset Apple di BSD akan setara di California

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Rumor Apple
  3. IPhone 8
  4. Top List
  5. Apple
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini