Terancam Punah, Pendaftaran Aksara Jawa ke Lembaga Internet Dunia Kandas

Senin, 21 Desember 2020 09:49 Reporter : Syakur Usman
Terancam Punah, Pendaftaran Aksara Jawa ke Lembaga Internet Dunia Kandas PANDI daftarkan aksara Jawa ke Pengelola Nama Domain Internet Dunia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Permohonan Internationalize Domain Name (IDN) untuk aksara Jawa oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) ke lembaga internet dunia, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), pada Juli lalu, akhirnya kandas. Hal ini berdasarkan jawaban yang diterima PANDI dari ICANN melalui surat eletronik baru-baru ini.

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menjelaskan surat balasan ICANN menyebutkan bahwa seluruh data yang di-submit oleh PANDI selesai dievaluasi. Hasil evaluasinya, untuk sementara proses IDN aksara Jawa dikembalikan kepada PANDI disertai dengan beberapa alasan.

"Alasan pertama, bahasa Jawa belum masuk sebagai bahasa administratif Indonesia di ISO 3166-1. Kedua, ICANN melihat bahwa belum cukup bukti bahwa aksara Jawa lazim digunakan oleh seluruh atau sebagian masyarakat Indonesia dan ketiga status aksara Jawa di UNICODE masih kategori ‘Limited Use Script’," ujar Yudho dalam keterangan resminya, Senin (21/12).

Yudho menjelaskan, intinya ICANN melihat bahasa Jawa sejauh ini dikomunikasikan dengan menggunakan aksara Latin di Indonesia. Aksara Jawa hanya digunakan untuk kegiatan pendidikan, kegiatan terkait sejarah, dan dekorasi.

"Ini mengindikasikan proses internasionalkan aksara nusantara masih perlu perjuangan lebih lanjut. Mulai dari bagaimana menaikkan status aksara-aksara nusantara di UNICODE agar tidak lagi berstatus Limited Use Script. Selain itu, kita masih harus berjuang di ISO 3166-1 agar pengakuan terhadap bahasa ibu atau bahasa daerah tercermin dalam ISO 3166-1," kata Yudho.

Baca Selanjutnya: Aksara Daerah Nusantara Terancam Punah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini