Sony umumkan flagship terbaru Xperia XZ1: bentuk sama, tapi fitur baru!

Sabtu, 2 September 2017 10:07 Reporter : Indra Cahya
Sony umumkan flagship terbaru Xperia XZ1: bentuk sama, tapi fitur baru! Sony Xperia XZ1. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Jajaran smartphone Sony di IFA 2017 seperti pola Sony di sebelum-sebelumnya: merilis flagship, flagship dengan ukuran lebih kecil, serta merilis smartphone mid-range atau papan tengah.

Kali ini dengan pola yang sama, Sony merilis Xperia XZ1, XZ1 Compact serta XA1 Plus.

Tentu yang jadi unggulan adalah Xperia XZ1. Meskipun unggulan, di pandangan pertama pasti Anda akan mengernyitkan dahi. Pasalnya, terkesan tak ada beda antara XZ1, XZ Premium yang rilis mada MWC 2017 awal tahun silam, serta Xperia XZ yang rilis tahun lalu. Permasalahan desain memang Sony sangat tidak ingin ikut tren.

Sony sendiri sepertinya ingin para penggemar tak hanya lihat bentuk luarnya saja, namun menyelam juga di berbagai kecanggihan fiturnya. Berikut berbagai ulasannya.

Desain dan layar

Seperti yang sudah disebutkan, XZ1 tak berbeda dengan XZ. Perbedaannya hanya perubahan peletakan tombol, sensor serta konfigurasi kamera.

Di aspek layar, XZ1 mengusung resolusi Full HD dalam bentang layar 5.2 inci, yang juga sama dengan generasi sebelumnya. Bedanya, kini XZ1 mengusung HDR, sama seperti XZ Premium.

Di bagian atas dan bawah terdapat speaker stereo. Di aspek ini, Sony mengklaim 50 persen tekanan suara lebih tinggi ketimbang XZ.

Sedikit berbeda di bagian belakang, kini XZ1 mengusung bagian belakang dan samping yang menyatu dan tak lagi terpisah antara bagian belakang dan bingkai samping. Serta bagian sisi XZ1 mendapat tambagan berupa garis antena yang terlihat menarik. Selain itu, tetap ada headphone jack yang terletak di atas perangkat.

Sony sendiri mengklaim dengan bangga bahwa XZ1 berukuran lebih tipis dan punya bobot lebih ringan. Tentu risikonya XZ1 hanya mengusung baterai dengan kapasitas 2.700mAh.

Sony juga membawa fitur yang sudah dimiliki hampir semua flagship yang setara, yakni sertifikasi tahan air IP68.

Fitur slow motion dan pemindaian 3D

Sony telah mengusung fitur slow motion di Xperia XZ dan XZ Premium, dan di XZ1 hal tersebut tak berubah. Mulai dari hardwarenya yang mengusung sensor 19MP, serta kemampuan mengambil video slow motion dengan frame rate 960fps. Sayangnya, Sony tidak mengusung stabilisasi optik, karena fitur Steady Shot milik Sony hanya berbasis software.

Namun terdapat fitur baru yang cukup menarik: pemindaian 3D. Dengan XZ1, Anda dapat menangkap objek 3D dengan mudah. Dalam waktu kurang dari semenit, Anda hanya tinggal mengarahkan kamera ke berbagai arah dan objek 3D telah tercipta. Akan ada 4 mode yakni Face Scan, Head Scan, Food Scan, serta Free Form.

Hardware dan software papan atas

Seperti berbagai flagship 2017, XZ1 akan mengusung Qualcomm Snapdragon 835, dipadu dengan RAM 4GB dengan storage 64GB.

Soal software, XZ1 akan muncul dengan Android 8.0 Oreo terbaru langsung dari kotaknya. Hal ini membuat XZ1 jadi smartphone pertama yang dikonfirmasi mengusung Android Oreo. Karena ini Sony, tentu Anda akan merasakan pengalaman murni menggunakan Android dengan bloatware yang minim.

Ketersediaan dan Harga

Sony Xperia XZ1 akan diluncurkan tanggal 19 September, namun tak ada konfirmasi bahwa perangkat tersebut akan dirilis di Indonesia atau tidak. Kemungkinan besar tidak, karena Xperia XZ dan XZ Premium tak dirilis di sini.

Untuk harga, Sony membanderolnya dengan harga 699 dollar, atau setara dengan 9,3 juta Rupiah. [idc]

Baca juga:
Xiaomi:
LG V30 resmi diumumkan: desain minim bezel dengan audio bertenaga!
ASUS segera luncurkan ZenFone 4 Max Pro: dual kamera wide dan soft LED selfie
Begini cara kerja iPhone 8 pasca hilangnya tombol home
Apresiasi fans, Samsung ucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan
Deretan rumor dari Huawei Mate 10, flagship yang ingin 'jegal' Samsung Note 8
Fitur pengisian daya nirkabel milik iPhone 8 tak akan sebaik Samsung Note 8?

BACA JUGA:
{news_title}

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Sony Xperia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini