Pentingnya Istirahat Mata: Penyebab Mata Lelah dan Cara Mengatasinya

Senin, 23 Mei 2022 12:00 Reporter : magang1
Pentingnya Istirahat Mata: Penyebab Mata Lelah dan Cara Mengatasinya ilustrasi lelah menggunakan laptop. ©pexels-Andrea Piacquadio

Merdeka.com - Mengenali badan yang sudah kelelahan memang mudah. Untuk mengatasinya Anda bisa pijat atau berhenti melakukan aktivitas untuk rebahan sejenak.

Tidak hanya badan, mata kita juga bisa kelelahan. Pertandanya mungkin tidak selalu Anda tanggapi. Mata kering dan berair hanya beberapa pertanda dari mata yang sudah butuh istirahat.

Berbeda dengan tulang dan persendian, berhenti sejenak atau peregangan bisa mengatasi efek kelelahan. Bagaimana dengan mata? Tentu Anda tidak bisa “meregangkan mata” atau berhenti menggunakan mata.

Nah untuk itu, kenali lebih jauh penyebab mata lelah serta cara mengistirahatkan mata untuk atasi mata lelah!

2 dari 4 halaman

Tanda Mata Sudah Lelah

Mata selalu kita gunakan selama 24 jam, 7 hari seminggu non stop. Organ mata tentu memang didesain untuk kebutuhan penggunaan yang panjang.

Namun, mata kita juga terdiri dari otot, dan sama seperti otot lainnya, mata juga bisa kelelahan.

Mata yang lelah sebenarnya bisa diketahui tandanya dengan mudah. Namun, kita masih sering mengesampingkan tanda-tandanya. Berikut beberapa penanda mata lelah:

• Mata terasa kering
• Mata merah atau iritasi
• Mata berair
• Sakit kepala
Double vision
• Mata sulit fokus pada satu objek
• Leher terasa sakit/pegal
• Sensitif pada cahaya
• Sakit atau nyeri pada area mata dan dahi

3 dari 4 halaman

Apa Penyebab Mata Kelelahan?

ilustrasi lelah menggunakan laptop
©pexels-Tiger Lily

Sama seperti tulang dan persendian, mata lelah karena penggunaannya terlalu tinggi. Mata yang terlalu intens digunakan maksudnya adalah ketika Anda menggunakan mata untuk aktivitas yang banyak membutuhkan mata yang sigap.

Aktivitas ini bisa meliputi mengendarai mobil untuk waktu lama, membaca buku, hingga yang paling sering, menatap layar monitor. Berikut beberapa alasan kenapa layar monitor paling sering menyebabkan mata lelah:

  • Layar monitor memancarkan cahaya yang cukup terang, sehingga akan membuat otot mata bekerja ekstra untuk menerima cahaya yang dipancarkan.
  • Berkedip merupakan cara alami untuk menghidrasi mata. Umumnya, manusia berkedip 15-20 kali dalam satu menit. Ketika menatap layar monitor, mata hanya akan berkedip 2-4 kali.

Selain itu, eye strain atau mata yang lelah ini juga bisa terjadi pada orang yang memiliki rabun namun belum berkacamata atau menggunakan kacamata dengan resep yang sesuai.

Oleh karena itu, pastikan Anda segera menggunakan kacamata dengan resep yang sesuai jika mulai merasa kesulitan melihat tanpa bantuan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mata Lelah

Mata lelah pada dasarnya tidak berbahaya besar bagi kesehatan. Namun mata yang kelelahan dapat mempersulit kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Mata yang lelah juga menambah rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh.

Dengan begitu, mata lelah bukan sesuatu yang sebaiknya Anda pelihara. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah mata lelah:

  • Memijat pelipis
  • Atur jarak penggunaan gadget dan membaca. Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
  • Atur pencahayaan untuk agar tidak bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap/kontras dengan layar. Hindari membaca buku dengan cahaya yang terlalu redup.
  • Gunakan tetes mata
  • Istirahatkan mata setiap 2 jam menggunakan gadget dengan melihat ke luar jendela, melihat alam, atau melihat sesuatu yang berjarak jauh.

Jangan lupa ketika tubuh sudah beristirahat di atas kasur, maka istirahatkan mata Anda juga dengan hindari menggunakan smartphone Anda sebelum tidur. Mata kita juga butuh istirahat!

Selalu perhatikan tanda-tanda mata Anda yang sudah mengalami kelelahan. Disiplin untuk mengistirahatkan mata, karena efek mata kelelahan termasuk yang paling terasa saat tubuh secara keseluruhan merasa kelelahan.

Reporter: Prilisa Septi Hariani

 

Baca juga:
Mengenal Dampak Blue Light dari Berbagai Gadget yang Anda Gunakan
Kenali Astenopia atau Kelelahan Mata dan 5 Cara Mengatasinya
Beda Nama Beda Fungsi, Air Humidifier vs. Air Diffuser

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini