Makhluk mitos raksasa Yeti ternyata cuma seekor beruang

Selasa, 5 Desember 2017 13:00 Reporter : Indra Cahya
Makhluk mitos raksasa Yeti ternyata cuma seekor beruang Ilustrasi Yeti. © thesun.co.uk

Merdeka.com - Jika Anda pernah dengar legenda tentang makhluk yang hanyalah mitos yakni Yeti yang mengerikan, para ilmuwan akhirnya memastikan kalau sebenarnya makhluk tersebut hanyalah seekor beruang.

Melansir The Verge, tes DNA menyebut bahwa spesimen rambut dan gigi yang diduga milik makhluk yang diduga Yeti, ternyata membuktikan tidak eksisnya Yeti di dunia ini.

Para ilmuwan menganalisis sembilan sampel DNA Yeti, dan membandingkannya dengan 15 sampel genetik dari DNA beruang cokelat. Delapan dari DNA Yeti yang diteliti ternyata hanyalah beruang lokal, dan sampel kesembilan, bahkan bukanlah makhluk hidup karena hanyalah boneka beruang dengan gigi anjing yang diawetkan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of Royal Society B ini, melalui sang penulis bernama Charlotte Lindqvist dari Buffalo University, menyebut bahwa jika ada orang yang pernah melihat Yeti di Tibet, berarti dia hanya beruang Tibet. Jika pernah melihat Yeti di Himalaya, berarti dia melihat beruang Himalaya. Sesederhana itu.

Ini bukan kali pertama tes DNA justru membungkan bukti adanya Yeti. Beberapa tahun yang lalu, ahli genetika Oxford University bernama Bryan Sykes menganalisis sampel Yeti dari seluruh dunia, dan menemukan bahwa DNA-DNA tersebut berasal dari rakun, sapi, domba, bahkan manusia. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Mitos
  3. Cerita Mitos
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini