Kalau tombol home iPhone 8 hilang, gantinya apa?

Kamis, 16 Februari 2017 10:14 Reporter : Indra Cahya
Kalau tombol home iPhone 8 hilang, gantinya apa? Konsep iPhone 8. © concepts iPhone @ YouTube

Merdeka.com - Di ulang tahunnya yang ke 10 tahun ini, iphone 8 diharapkan akan jadi perangkat yang spesial, dan hal ini sudah banyak tersirat dari berbagai rumor yang telah muncul.

Salah satu rumor kuat yang mungkin benar akan muncul di iPhone 8 adalah adanya layar edge-to-edge yang memperbesar layar namun memperkecil ukuran. Tentu jika hal ini benar terjadi, eliminasi akan terjadi, dan revolusi desain akan muncul secara signifikan. Yang paling nyata, tentu tombol home dan sensor Touch ID.

Namun jika tombol home hilang, apa gantinya?

Menurut analis teknologi dari KGI, Ming-Chi Kuo, yang dikutip The Verge, iPhone 8 akan muncul dengan teknologi biometrik baru yang akan mengganti teknologi sensor sidik jari. Masih belum seberapa jelas ini akan jadi teknologi seperti apa, yang pasti ini akan jadi semacam 'area khusus' yang tak kasat mata, namun punya guna yang sama dengan tombol home dan sensor sidik jari.

Begini kira-kira ilustrasinya.

Perkiraan desain iPhone 8 sesuai fungsi © KGI

Jadi nantinya kita akan melihat perangkat iPhone yang didominasi layar, minim bezel, namun tombol home tak kasat mata dan sensor sidik jari tetap ada di bawah tanpa kita lihat secara fisik.

Hal ini senada dengan apa yang jadi analisis dari Fast Company, di mana Apple akan membuang semua tombol fisik yang ada, termasuk tombol volume, tombol power dan mute switch, dan diganti dengan fitur 'touch-sensitive yang tersemat dalam metal.' Dengan ini, iPhone hanya akan jadi seonggok kaca minimalis yang sangat canggih dan berdesain futuristik.

Hal ini sangat menarik, karena perubahan desain ini akan membuat seri iPhone selanjutnya akan lebih tahan air, tanpa harus menggunakan penutup karet di dalam tombol untuk menghalau air masuk seperti di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Selain dari segi desain dan fitur, sang analis juga berbicara soal baterai, di mana iPhone 8 akan mirip dengan iPhone 7 secara dimensi fisik, namun akan setara dengan iPhone 7 Plus secara kapasitas baterai. Kapasitas baterai iPhone 8 akan sebesar 2.700mAh, sedikit di bawah iPhone 7 Plus yang 2.900mAh.

Hal ini bisa diraih Apple dengan dua hal, yakni layar dan logic board. Rumor yang kuat telah berhembus bahwa iPhone 8 akan mengusung ukuran layar sebesar 5.1 inci atau 5.2 inci, namun dengan dimensi perangkat yang serupa iPhone 7. Hal ini dikarenakan diaplikasikannya layar edge-to-edge dengan bezel minim. Hal ini bisa membuat bagian dapur pacu iPhone 8 tetap punya banyak ruang. Selain itu, logic board yang ditumpuk akan membuat PCB mainboard dari iPhone 8 jadi lebih kecil komponennya. Hal ini bisa membuat Apple mendapat ruang untuk memperbesar baterai.

Dengan ini, iPhone 8 akan mendapat ketahanan baterai yang jauh lebih baik dari generasi iPhone 7. Terlebih lagi, komponen baru dan diusungnya layar OLED yang jauh lebih sedikit memakan daya ketimbang LCD. Hal ini dikarenakan layar OLED hanya menyinari pixel yang digunakan, di mana area pemakaian pixel tersebut adalah area yang tidak berwarna hitam. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini